Rabu, 04 Mei 2016

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 825 – Cerita Bergambar di “Dunia”

Minggu lalu One piece libur dikarenakan adanya golden week (minggu emas) di Jepang. Minggu dimana semua orang Jepang liburan (dan mudik), semua orang libur bekerja, majalah juga tak terbit termasuk Weekly Shonen Jump tempat One Piece berada.

Minggu ini One Piece hadir kembali, tapi lebih cepat dari biasanya! Biasanya kita akan mendapatkan chapter online pada hari kamis, sedangkan kali ini kita sudah bisa membacanya hari senin. Untuk diingat, Chapter ini baru rilis resmi di Jepang senin depan, jadi kita para penikmat ilegal sudah bisa membacanya seminggu sebelum Chapter resmi rilis! Wow.. Hal ini terjadi karena Weekly Shonen Jump didistribusikan lebih cepat dari biasanya – mungkin karena adanya hari anak pada tanggal 5 mei nanti.

Chapter kali ini juga terasa sangat singkat sekali, karena memang isinya yang sedikit. Cuma 13 halaman. Kalau tak salah, terakhir kali kita mendapatkan chapter cuma 13 halaman adalah di chapter 760.

Mengapa chapter kali ini pendek sekali?

Entahlah. Mungkin ada hubungannya dengan gempa Kumamoto di Jepang beberapa waktu lalu. Tapi lebih mungkin karena saat chapter ini ditulis (2-3 minggu yang lalu) adalah saat dimana nenek Oda meninggal dunia (komentar Oda di Weekly Shonen Jump 2 edisi lalu). Mungkin saat itu Oda-sensei yang sedang berduka dan penerbit memperbolehkannya rehat sejenak.

Cukup basa-basinya, mari kita mulai saja pembahasan chapter kali ini~~

~~ Senjata dibalas Gaya ~~

Nami, apa yang telah kau lakukan pada kakek-kakek tua itu?? XD

Dari Geladak Kapal Dunia : Cerita Manusia 500 Juta

Vol. 16 : “Weatheria – Saat kami bertemu Nami-chan lagi, aku ingin ia berkata bahwa kami terlihat bergaya”

Di cerita sampul kali ini kita kembali ke sebuah pulau langit yang berjalan mengitari bumi mempelajari tentang cuaca – Weatheria. Para kakek tua disana sekarang sudah terlihat Stylish dengan gaya dan baju baru mereka. Apa semua ini gara-gara Nami-chan? XD

Nami sendiri selama 2 tahun berada disana mendapatkan berbagai macam hal. Yang pertama tentu ilmu tentang cuaca. Cuaca Dunia Baru tentunya. Selain itu dia juga mendapatkan teknologi baru untuk dijadikan senjata yang ia aplikasikan dalam Sorcery Clima-Tact. Banyak sekali yang Nami dapatkan dari para kakek tua penghuni Weatheria. Apa balasan yang Nami berikan pada mereka? Gaya! Nami mengajari mereka bagaimana cara berdandan dan bersenang-senang. XD

Sebenarnya tak banyak yang bisa diambil dari cerita sampul kali ini. Kecuali kemudian mereka menuju suatu tempat atau bertemu seseorang yang penting saat mengelilingi dunia meneliti cuaca. Jika tidak, aku ragu mereka akan masuk ke cerita utama lagi di masa depan.

Dari Cerita sampul kali ini, tempat Topi Jerami menghabiskan masa 2 tahun latihan yang belum terlihat adalah Amazon Lily, Kerajaan Kamabakka, Pulau Kuraigana, dan juga Rayleigh. Aku bertaruh salah satu dari mereka akan menampilkan sebuah kejutan. Dan aku yakin kejutan itu akan Oda simpan untuk vol. terakhir cerita sampul kali ini.

We’ll see..

~~ Komik Propaganda ~~

“Sora, Sang Prajurit Laut” adalah judul dari cerita bergambar di majalah “Dunia” – penyebutan singkat untuk “majalah ekonomi dunia”.

Cerita bergambar alias komik ini menceritakan tentang Sora – seorang pahlawan yang dapat berjalan di air – bersama dengan aliansinya berupa robot dan peliharaannya burung camar. Mereka bertarung dengan gagah berani melawan pasukan jahat yang bernama “Germa 66”. Cerita ini sangat terkenal dan mempunyai banyak fans di seluruh dunia.

Propaganda. Ternyata tak hanya di dunia kita, di dunia One piece juga punya komik propaganda. Komik ini bertujuan untuk melakukan propaganda – sebuah komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan atau menjatuhkan ide, persepsi, atau agenda tertentu. Di dunia nyata banyak bentuknya, terutama di jaman perang dahulu. Salah satu yang terkenal tentu komik Captain America yang mana di issue pertamanya bersampulkan gambar Captain America memukul Adolf Hitler. Komik Superman dll tak ketinggalan juga pernah menjadi bahan propaganda saat perang dunia berkecamuk.

Di One Piece, cerita Sora ini bertujuan untuk memberikan pandangan pada publik bahwa Pemerintah Dunia dan angkatan laut adalah pahlawan dunia yang perbuatannya selalu benar dan juga tak dapat dikalahkan. Sasarannya tentu saja anak-anak, hingga dipilihlah komik sebagai media penyebarannya. Anak-anak masih lebih mudah terpengaruh oleh ide-ide yang ada daripada orang dewasa. Mereka dicuci otaknya agar mengidolakan Pemerintah Dunia dan juga angkatan laut, dilihat dari lambang milik Sora yang merupakan gabungan dari lambang milik kedua organisasi tersebut. Ditambah teman Sora yang berupa robot, anak (cowok) mana yang tak mengidolakannya? XD

Aku tak akan kaget jika kemudian Nami pernah mendengar cerita ini dari Bellemere, atau Luffy mendengarnya dari Garp. Aku juga tak akan kaget jika impian Usopp menjadi “pahlawan pemberani selautan” terinspirasi dari kisah Sora sang pahlawan laut ini.

Satu yang kita tahu, lawan Sora di cerita tersebut – Germa 66 – berasal dari sebuah organisasi nyata. Kelompok yang diketuai oleh keluarga Vinsmoke. Di gambar khayalan Vito terdapat 2 orang berjubah dengan nomor 1 dan 2, mungkinkah mereka kakak Sanji? XD

Fakta bahwa Germa 66 berasal dari organisasi nyata membuatku punya pertanyaan lain. Bagaimana dengan Sora? Apakah ia juga nyata?

Kita tak tahu kapan komik ini mulai terbit, tapi Vito sendiri mengatakannya – bahwa Sora (katanya) berasal dari seorang pahlawan angkatan laut. Sengoku mungkin? Atau Kuzan (berdiri di laut)? Tapi jika harus memilih, aku akan bertaruh bahwa karakter Sora dibuat berdasarkan seseorang dari akhir Abad Kekosongan dahulu. Seseorang dari pemerintah dunia yang memimpin mereka memenangkan peperangan besar melawan Ancient Kingdom. Seseorang yang bisa benar-benar berjalan di atas air...

~~ A-door-able ~~

Fantasi. Kisah-kisah fantasi memang menjadi latar belakang cerita Big Mam. Hensel & gretel, Alice in wonderland, dll. Kali ini yang jadi perhatian tentu sebuah pintu yang hidup, selain sebelumnya juga sudah diperlihatkan bahwa kapal yang dinaiki Sanji juga hidup dan bernyanyi.

Jadi apa sebenarnya mereka?

Dari wajahnya, kapal dan pintu terlihat memiliki wajah yang berbeda. Jadi mungkin mereka bukan satu kesatuan. Mereka juga diperlihatkan hanya berbicara (bernyanyi) nama mereka sendiri. Kapal cuma mengatakan “kapal”, pintu hanya berkata “pintu”.

Buah Setan? Apa kapal tersebut memakan buah setan? Aku ragu, karena bagaimanapun jika terkena air laut para pengguna buah setan akan lemas, sedang si kapal malah terlihat bahagia dan bernyanyi.
Kayu hidup? Nope.

Jawaban yang paling mungkin menurutku adalah mereka hasil perbuatan pengguna buah setan yang lain. Misal pengguna buah setan dengan kekuatan membuat benda mati hidup atau “merasuki” benda mati.

Gadis bermata 3 yang muncul di markas Big Mam sepertinya memiliki kekuatan yang berhubungan dengan ini. Pernah diperlihatkan bahwa lendir disekitarnya menjadi seperti “hidup” dan bergerak. Tapi lendir tersebut tak diperlihatkan memiliki sebuah wajah, tak seperti kapal dan pintu. Mungkinkah kapal dan pintu hidup itu adalah hasil perbuatan si gadis bermata tiga?

Apapun, pintu di kapal itu terlihat sangat mencurigakan. Di dalam ruangan Sanji penuh pintu-pintu lain dimana-mana. Apa ada rahasia disana?

~~ Bak Pinang Dibelah Dua ~~

Nasib Caesar akhirnya diperlihatkan, ia dikurung di tahanan yang berada di dalam ruangan Sanji. Ilmuan terhebat di dunia, eh?

Dan kita juga diperlihatkan salah satu anak buah Bege bernama Gotti. Ia memiliki tangan kanan berupa senapan mesin dengan tulisan FT-G diatasnya, yang sepertinya adalah singkatan dari “Fire Tank – Gotti”.

Disaat Gotti marah-marah, munculah seorang wanita yang menenangkannya. Gotti memanggilnya dengan sebutan “Okami-san” yang bisa diartikan “Miss” atau “Nyonya”, atau cara memanggil seorang istri.

Wanita ini MIRIP SEKALI dengan Lola – bajak laut yang ditemui Topi Jerami di Thriller Bark. Bak pinang dibelah dua. Tentu wanita tersebut bukanlah Lola, penampilan keduanya berbeda – dari rambut, gigi, dll. Selain itu kita juga tahu bahwa pasca time-skip 2 tahun sekarang Lola berada di Water 7 (Cerita Sampul chapter 654). Jika itu Lola, harusnya dia dan Sanji saling mengenali satu sama lain. Tapi Sanji hanya berkata bahwa wanita itu mengingatkannya akan seseorang yang mirip sekali dengannya.

Jika wanita itu bukan Lola, lalu siapa?

Kita tahu bahwa Big Mam melakukan pernikahan politis untuk memperbesar aliansi bajak lautnya. Dia menikahkan putrinya dengan anak orang lain agar kedua belah pihak menjadi sekutu. Ini yang terjadi pada Sanji yang akan dinikahkan dengan Purin.

Bagaimana dengan Capone “Gang” Bege? Bagaimana cara bajak lautnya bergabung dengan Big Mam?

Tentu bukan hal yang aneh jika ia juga melakukan pernikahan politik. Dan si Okami (untuk saat ini aku akan memanggilnya dengan sebutan Okami karena namanya belum diketahui XD) mungkin adalah pelakunya. Gotti, anak buah Bege memanggilnya nyonya dan meninggikannya. Bukan hal yang tak mungkin bahwa Okami adalah istri Bege atau bahkan istri Gotti, alias hasil pernikahan politis, alias Okami adalah anak dari Big Mam!

Okami sendiri sangat mirip dengan Lola. Jika Okami benar adalah anak dari Big Mam, kemungkinan besar Lola yang mirip dengannya juga anak dari Big Mam!

Singkatnya:
- Bege bergabung dengan Big Mam.
- Bagaimana? Melalui pernikahan politis, Bege (atau Gotti) menikahi anak Big Mam.
- Okami kemungkinan istri Bege (atau Gotti) – artinya Okami anak Big Mam
- Okami sangat mirip dengan Lola
- Lola anak Big Mam?
Masuk akalkah hal ini bagi kalian?

~~ Bukan Hal Baru ~~

Memasuki cerita yang berpusat pada si alis lingkar, lagi-lagi Oda memperlihatkan betapa pentingnya Sanji bagi Bajak Laut Topi Jerami.

Luffy dkk yang sudah berhari-hari kelaparan ditambah panas yang luar biasa terlihat bagaikan mayat hidup. Chopper – seorang rusa kutub memang tak tahan panas, begitupun dengan para mink yang memang berbulu lebat, mereka juga tak tahan panas.

Bayangkan saja, air laut disana hampir mendidih, artinya suhu disana hampir mencapai 100 derajat Celcius!

Bandingkan dengan dunia kita, suhu normal berada dibawah 30 derajat Celcius. Suhu 35 derajat Celcius sudah terasa sangat panas, bahkan kota Jakarta, Semarang, Suhu terpanasnya rata-rata cuma sampai 33 derajat celcius. Sekarang kalian bisa membayangkan betapa panasnya cuaca yang dihadapi Luffy dkk kan?

Untunglah disaat mereka kelaparan, mereka berhasil mendapatkan ikan hasil memancing. Ikan yang langsung dimakan Luffy meskipun kulitnya beracun. XD

Ini bukanlah sebuah hal baru, mendapati Luffy dalam sebuah kondisi tak bisa melakukan apa-apa, sebuah kondisi yang sering terjadi. Seringkali dalam cerita Luffy akan “dibuang” oleh Oda di tengah-tengah cerita, hanya untuk kembali di akhir dan yang menjadi pahlawan mengalahkan tokoh antagonis. Tapi biasanya hal ini terjadi di tengah-tengah cerita. Apa kali ini Luffy akan dibuat tak berdaya “dibuang” oleh Oda dari awal cerita? Mungkin saja. Kita lihat kedepannya~~
N.B. : Aku ingin lihat koleksi buku Sanji, membaca buku masakan tentunya. Hehe *mukamesum*

~~ Den-den Mu-Ship ~~

Memasuki wilayah Big Mam, ada Territorial Sea Slug yang mengirim sinyal pada kapal-kapal yang masuk, memperingatkan bahwa mereka memasuki wilayah kekuasaan Big Mam. Apa setiap Yonko memiliki sistem peringatan serupa di wilayah kekuasaan mereka?

Masuknya Topi Jerami ke wilayah Big Mam juga ditandai dengan adanya Sweet Cloud (Awan Manis) atau lebih dikenal dengan Cotton Candy Snow (Salju permen kapas). Aku bisa paham jika nantinya Chopper tak mau meninggalkan tempat ini. XD

Sunny berpapasan dengan sebuah kapal yang dikira Pekoms adalah kapal pengintai milik Big Mam. Ia menyuruh Luffy dkk bersembunyi atau menyamar. Tapi ternyata, kapal itu adalah kapal milik Germa 66!

Kapal Germa 66 dari siluetnya terlihat seperti siput raksasa. Atau dalam dunia One Piece bisa juga dibilang den-den mushi raksasa. Apa kapal mereka hanya berbentuk siput ataukah kapal tersebut benar-benar sebuah den-den mushi raksasa? Den-den mushi terbesar dengan jangkauan terluas di dunia, mungkin? XD

Yang jelas, kapal Germa 66 mengetahui bahwa kapal di depan mereka adalah kapal Topi Jerami!
Mengapa mereka ada disana?

Sekedar berpapasan karena saat ini mereka juga hendak menuju Whole Cake Island?
Melihat mereka yang tahu bahwa itu kapal Topi Jerami, aku ragu jika itu hanya sebuah kebetulan. Mereka terlihat seperti menunggu Luffy dkk datang kesana. Tapi, untuk apa?
Mereka mungkin tahu bahwa Sanji sangat mencintai nakamanya. Untuk itulah mereka menemui Topi Jerami. Untuk bernegosiasi. Mungkin dengan mengajak Luffy menjadi anggota Germa 66. Atau kemudian mengajak mereka menghadiri pesta pernikahan sebagai tamu resmi.
Atau bisa terjadi sebaliknya, melihat kecintaan Sanji pada Topi Jerami, mereka berniat menghancurkan Luffy dkk sebelum mereka bertemu dengan Sanji.
Ada banyak kemungkinan.

Ada 1 orang yang terlihat di atas kapal Germa 66 – dengan alis melingkar mirip Sanji, tapi terbalik. Kita hanya bisa menebak bahwa itu adalah kakak / adik / ayah Sanji. Yang jelas sepertinya mereka berhubungan darah satu sama lain.

Jika kita perhatikan, sekilas orang itu mirip dengan Zoro – dengan alis melingkar. Melihat Sanji yang membenci keluarganya, mungkinkah orang mirip Zoro ini yang membuat Sanji terlihat selalu membenci Zoro kapanpun mereka bertemu karena melihat wajah Zoro mengingatkannya akan keluarga yang ia benci?

Siapa yang tahu? XD

Sekian dulu review kali ini~~

Oiya, minggu depan One Piece LIBUR lagi. Kali ini libur karena memang jatah libur Oda, sedangkan minggu lalu semua manga libur tak hanya One Piece. Jadi jangan ada yang bilang “Ah, One piece sekarang libur terus” yaaa.. XD

Chapter 826 akan rilis resmi tanggal 23 mei. Scanlation online ilegal kemungkinan bisa dibaca tanggal 19 mei. Selamat menunggu hehe

Secara keseluruhan, chapter kali ini sangat pendek. Jika tak ada kemunculan orang beralis keriting di akhir chapter, chapter kali ini terasa sedikit datar.

Sedikit prediksi chapter depan, sepertinya kita akan melihat Sanji sampai di Whole Cake Island.
Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa lagi
Salam alis keriting~~

*review by oikgerd*

Thanks to: mangastream, apforums, orojackson, wikia, Wildan

   





Sumber: https://www.facebook.com/opfci.shinsekai/posts/1223773310989646

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>