Minggu, 24 April 2016

Review One Piece Chapter 810 – Kelompok Bajak Laut Topi Keriting Tiba

Perang. Salah satu bintang di dunia bajak laut, 1 dari 3 tangan kanan salah satu Yonko melawan 2 bintang dari negara kuat manusia setengah hewan. Tak terlalu diperlihatkan memang, tapi membayangkannya saja sudah membuat bulu kuduk ini berdiri. Bagaimana tidak, sosok ketiga orang ini berkekuatan tidak main-main. Ditambah pasukan dari kedua belah pihak, hancurlah sebuah negara yang sudah bertahan ribuan tahun lamanya hingga diambang kemusnahan dan kepunahan. Sebuah perang yang disebabkan oleh pencarian 1 orang tak dikenal, ego tinggi tanpa kompromi, dan salah paham. Mari kita simak cerita perang bintang kali ini.

Merah dan Hitam


“Dari Geladak Kapal Dunia: Cerita Manusia 500 juta”

“Vol.5 Baratie: Keadaan ramai seperti biasa, tapi semua orang melakukannya dengan baik”

Cerita sampul kali ini kita diperlihatkan restoran terapung Baratie. Tempat Sanji, koki kita, menghabiskan banyak waktunya dari kecil hingga remaja sebelum bergabung dengan Luffy.
Para koki disana mendapat kabar terbaru tentang si mantan Sous Chef (asisten koki) Baratie itu. Sekarang nilai buruannya bertambah 100 juta disertai dengan foto asli.

Carne terlihat marah-marah dan menyobek poster buruan Sanji. Bagaimana tidak, kapal tambahan Baratie yang dikepalainya, Nasugasira, bermotif seperti foto poster buruan lama Sanji yang digambar itu sekarang sudah tidak sama lagi karena foto Sanji sudah diganti foto asli.

Nasugasira sendiri berarti “Boss/ketua Terong”, hal yang merujuk pada panggilan Zeff pada Sanji muda – “Terong Kecil”.

Nasugasira adalah kapal tambahan Baratie yang bertugas sebagai rumah makan Teppanyaki, yaitu gaya masakan ala Jepang yang menggunakan penggorengan besi untuk memasak – biasanya di depan pengunjung langsung. Makanan yang ada di dalamnya termasuk steak, okonomiyaki, yakisoba, monjayaki, dll.

Patty yang melihat kemarahan Carne dari kejauhan cuma bisa menertawakan hal tersebut.

Zeff terlihat tersenyum bangga sambil memandangi poster buruan terbaru anak didiknya itu. Mungkinkah ia tahu sesuatu tentang Sanji dan alasan mengapa Sanji hanya diinginkan hidup-hidup oleh pemerintah? Aku merasa hal tersebut sangatlah mungkin, Sanji mungkin sudah menceritakan hal itu pada penyelamatnya, Si Kaki Merah. Jika alasan status “only alive” itu ada hubungannya dengan masa lalu Sanji.

Jadi terlalu banyak ngomongin Sanji nih.

Oke, cerita sampul berikutnya, Desa Cocoyasi tentu menjadi tujuannya. Nojiko dan Genzo kemungkinan besar akan ada disana. Tapi apakah Johnny dan Yosaku juga akan tampil? Kita tunggu.

Monster Kuno


Bukan karakter lama, atau ada hal yang perlu disembunyikan, sosok manusia Jack belum diperlihatkan dari chapter-chapter lalu ternyata hanya semata untuk menggoda kita. Begitu wujud manusianya diperlihatkan, seolah-olah seperti menggambarkan kata “kekuatan” dan “keganasan” dalam media gambar. Sosoknya yang tinggi tegap berbadan besar menambah kesan garang dari manusia bernilai 1 milyar Berry ini.

Terlihat memiliki 2 tanduk panjang di kedua sisi kepala yang sepertinya tak natural. Ada semacam baut atau bahkan tanduk itu tersambung dengan penutup besi di bagian mulutnya. Yang jelas bukan tanduk asli. Entah apa tujuannya, sepertinya untuk memberikan kesan dan pesan bahwa ia adalah anak buah salah satu Yonko bertanduk, Kaido. Sekedar perasaan atau memang tanduk “palsu” tersebut mengingatkanku akan tanduk dari Avalo Pizarro, salah satu anak buah Yonko Kurohige dan mantan narapidana level 6 Impel Down. Sama-sama terlihat ada benda seperti baut untuk menempelkan tanduk tersebut. Apa ada hubungan diantara mereka berdua? Dan apakah tanduk Kaido adalah palsu juga?

Dengan rambut kepang 2 di kedua sisi tentu mengingatkan kita pada Lola atau Weevil. Tapi aku meragukan ada koneksi disana, tak terlalu berharap. Karena memang sepertinya tema Jack adalah bajak laut viking yang sering digambarkan memiliki rambut berkepang seperti itu. Tapi kemudian paling-paling nanti kita akan dikejutkan dengan pernyataan bahwa Jack adalah ayah asli Weevil.
Bercanda. Tapi serius. Jangan dianggap serius.

Terlihat 2 gading panjang berada di kedua sisi bahu menjulur kebawah. Setelah itu Jack menghunus pedang/sabit atau apalah itu, setelah itu gading tersebut menghilang tak terlihat lagi. Sepertinya memang benar gading tersebut adalah senjata yang digunakan oleh Jack tersebut. Entah pedang atau sabit, lebih terlihat seperti berubah-ubah bentuknya menurutku. Pedang lentur?

Dikonfirmasi Jack adalah pemakan buah setan zoan kuno gajah, tipe mammoth. Ya walaupun tak disebutkan tipe mammoth, tapi dengan Jack adalah kapten dari “mammoth’ dan seseorang di chapter lalu mengatakan bahwa negara mereka diserang oleh mammoth, sedikit banyak hal itu sudah menjadi sebuah konfirmasi. Buah setan zoan kuno yang dikatakan langka oleh Master Nekomamushi, lebih langka dari Logia dan Zoan mitos atau tidak? Setidaknya saat ini kita baru melihat 2 buah zoan kuno berbanding dengan 11 jenis buah logia dan 2 buah zoan mitos.

Yang menjadi pertanyaanku cuma, kenapa Jack tak bertarung menggunakan mode hybrid – setengah manusia setengah hewan – andalan para pengguna Zoan? Apakah ada yang salah disana, atau cuma belum diperlihatkan

Terlihat Master Nekomamushi bertarung menggunakan sebuah tongkat panjang dengan trisula berbentuk seperti api di kedua ujungnya. Ini berbeda dengan Duke Inuarashi yang terlihat bertarung dengan pedang berjenis rapier. Aku masih menunggu apakah kita akan melihat seni bela diri khusus yang dikuasai oleh para mink dan apakah electro termasuk di dalamnya. Yang tentu saja aku berharap Chopper – dengan bulu dan semua atribut mirip para mink – akan mempelajarinya.

Bepo tak bisa tinggal diam melihat seseorang akan meluluhlantakkan tempat kelahirannya. Teman-temannya di Bajak Laut Hati juga dengan senang hati membantu Bepo. Ya, termasuk satu cewek di kru Law yang sedang jadi perbincangan itu. Sebuah bantuan besar untuk para mink meskipun Master Neko-mamushi mengatakan bahwa mereka punya cukup prajurit untuk mengimbangi kekuatan para negara besar di dunia.

Malam berganti siang. Siang berganti malam. Matahari dan bulan saling mengambil alih. Pertarungan tak dapat dihentikan. Sudah 5 kali pergantian pembawa sinar sejak pertarungan dimulai.

5 hari 5 malam


Seringkali kita diperlihatkan pertarungan antara 2 orang kuat yang berlangsung berhari-hari. Akainu vs Aokiji 10 hari, Jinbe vs Ace 5 hari. Seperti mengatakan bahwa yang bertarung itu adalah seorang monster. Kali ini ada Jack vs kombinasi Neko dan Inu. Kedua pemimpin mink bertarung bergantian dalam shift 12 jam, sedangkan Jack bertarung tanpa pengganti dan tanpa henti. Seperti mengatakan bahwa “hey, Jack ini monster lho”.

Berbeda dengan Luffy. Jurus terkuatnya saat ini, gear 4th tak bisa bertahan lama walaupun punya daya hancur yang luar biasa. Bahkan setelah itu ia akan jadi tak berdaya selama 10 menit. Waktu yang cukup untuk seseorang menghabisi Luffy. Lalu bagaimana cara Luffy nantinya untuk melawan para monster itu? para monster yang mungkin bisa bertahan dari serangan super gear 4th. Bagaimana jika Luffy dipaksa untuk bertarung selama berhari-hari dengan kekuatan penuh? perlukah dia untuk power-up lagi? atau sudah ada tapi hanya belum diperlihatkan? ataukah dia harus team-up saat melawan para monster itu seperti saat dia team-up dengan Law untuk menghabisi Doflamingo?

Disisi lain, bala bantuan Jack terus berdatangan, seperti zombie saja tak ada habisnya, kata Wanda. Tapi pada akhirnya mereka bisa mulai memukul mundur pasukan Jack. Selain karena kekuatan, poin bahwa para mink bertarung dan bergantian beristirahat 12 jam sekali sepertinya faktor yang sangat menentukan dalam peperangan panjang tersebut. Mink bisa mulai mencium bau kemenangan dan berada diatas angin, kecuali terhadap Jack seorang. Mengatakan bahwa Jack adalah seorang monster tak adil baginya, dia lebih dari seorang monster.

Seorang monster seperti itu saja hanya suruhan dari Yonko Kaido, memikirkannya saja pasti membuat kebanyakan orang bergidik ngeri. Saat kemudian kalimat itu diucapkan dan fokus panel manga beralih ke Zoro, seperti mengatakan bahwa Zoro-lah yang akan jadi lawan Jack nanti. Dengan senjata Jack yang berupa pedang, cocok bukan dipasangkan dengan calon pendekar pedang terbaik sedunia? Atau ini hanya perasaanku saja? Entahlah. Aku akan senang bila ada pertarungan antara 2 “monster” yang sama-sama berada di bawah komando orang lain.

Untungnya selama 5 hari pertarungan, Jack juga tidak bisa mengalahkan pasukan Inu maupun Neko. Sifat sabar yang sepertinya bukan jadi bagian dari Jack, membuatnya mengeluarkan senjata pamungkas di hari kelima pertarungan, senjata gas beracun!

Pertarungan langsung selesai dalam sekejap mata. Gas itu menyebar dengan cepatnya ke penjuru negeri dengan kecepatan sebuah ledakan. Siapa yang bisa menghindari hal semacam itu? Seluruh kota dan setengah hutan tertutupi gas beracun. Yang aman hanya para pengungsi yang berada di dalam benteng di hutan.

Terlihat bagaimana keadaan Mokomo Dukedom dari atas. Hanya terdapat 1 pintu masuk di bagian belakang Zunisha. Pintu yang sama yang dilalui Luffy cs. Posisi hutan paus yang berada di pojok jauh dari pintu masuk, dijaga khusus oleh guardian yang posisinya setara dengan pemimpin resmi, tentu saja menguatkan hal yang terus aku ulangi, ada Poneglyph di hutan paus. Atau resep rahasia Krabby Patty. Ah, bukan. Pasti poneglyph. 99%.

Kebetulan yang Luar Biasa


Segala sesuatu yang terjadi setelah gas beracun hanyalah kenangan pahit bagi para mink. Sudah terkena gas beracun, kemudian mereka disiksa, juga diberikan pertanyaan yang jawaban jujur berarti salah. Pasukan Jack terus menghancurkan kota dan membunuh para prajurit. Mereka yang kuat, diikat dan disiksa. Termasuk Sicilian dan threemusketeer, Blackback dari guardians, serta tak ketinggalan Duke Inu-arashi dan Master Neko-mamushi. Sebegitu bencinya master Neko terhadap kelakuan Jack, sampai mengatakan ia akan tetap dendam dan menghantui Jack meskipun ia tak ada lagi di dunia ini.

Jack dan pasukannya terlihat menggunakan semacam gelembung di kepala mereka. Sudah tentu untuk menghindari menghirup gas beracun yang mereka sebarkan. Terlihat juga mereka mengenakan semacam pakaian yang mirip dengan pakaian anti gas beracun para bawahan Caesar di Punk Hazard. Hazmat Suit (Hazardous material suit/ pelindung dari materi berbahaya). Apakah pakaian ini datang satu paket dengan senjata gas beracun itu saat Jack/Kaido membelinya dari Caesar?

Hari ke-6 pertarungan, entah karena nafsu menghancurkan mereka sudah menurun dan hilang atau karena mereka sudah lelah mendengar jawaban yang sama terus menerus, Jack pergi dari Zou. Ia hanya meninggalkan beberapa anak buahnya, tentu untuk tetap mencari Raizo.

The sleeping dog, anjing tidur itu mulai ikut berbicara, tapi bukan mengigau. Ia mengatakan bahwa ada alasan lain mengapa Jack meninggalkan Zou. Itu baru mereka sadari saat kabar Jack meninggal muncul di surat kabar. Hari dimana Jack meninggalkan Zou adalah hari dimana Doflamingo tumbang! Jack pergi dari Zou menuju Dressrosa untuk menyelamatkan Doflamingo, sepertinya kedua orang itu punya hubungan yang kuat.

Dengan kata lain, yang bertanggung jawab atas perginya monster itu dari Zou adalah Luffy cs yang berhasil mengalahkan Doflamingo!

Setelah itu kita tahu Jack mencoba mengambil Doflamingo dari iring-iringan kapal angkatan laut yang membawanya pergi dari Dressrosa. Ada satu mantan fleet admiral, 1 admiral aktif, dan beberapa vice admiral di atas rombongan kapal itu. Jack kalah dan dikabarkan mati, tapi dengan jasad yang tak bisa ditemukan dan dikonfirmasi kemungkinan Jack masih hidup.

Kebetulan yang luar biasa, atau bisa kalian sebut dengan takdir. Tapi kejadian yang terjadi setelah itu bisa dikatakan sebagai keajaiban yang lebih luar biasa

Jalanan Licin


Chopper dan tim Sunny tiba di Zou sehari setelah kekalahan Doflamingo dan Jack pergi dari Zou.

Hari ketujuh sejak pertempuran dimulai.

Setelah kaget melihat Zou yang ternyata bukan pulau tapi merupakan gajah raksasa, mereka memutuskan untuk naik ke atas, Caesar satu-satunya yang terlihat menolak ide tersebut. Mereka kemudian memaksa Caesar untuk menjadi balon udara dan membawa Sanji cs ke atas Zou. Entah dapat ide darimana, karena saat pertama kali Caesar menggunakan ini untuk menyebrangi jembatan besi menuju Greenbit, hanya Law, Robin, dan Usopp yang ada disana.

Tentu saat mereka sampai di gerbang masuk, semua sudah hancur lebur. Penasaran apa yang terjadi, dan untuk melihat apakah ada musuh, Sanji memutuskan untuk melihat dulu keadaan disana.
Chopper dan Caesar ikut. Sedangkan Brook (dan Momo) bertugas melindungi Nami.
Sesaat kemudian seseorang berteriak minta tolong. Ia lari dikejar seorang pria yang menunggangi buaya. Ternyata yang minta tolong adalah seorang wanita hewan (?)

Nami kemudian sadar, wanita hewan itu baru saja berbicara! Dia tak tahu apa yang terjadi, tapi langsung mengerti bahwa si pria adalah penjahat dan wanita adalah si korban. Tanpa basa basi Nami langsung tergerak dan menyelamatkannya. Nami menyuruh Brook untuk mengajarkan beberapa sopan santun pada si pengejar!

Dan Brook benar-benar menepati janjinya pada Sanji untuk melindungi Nami.

Soul Parade: Eisbahn! Seketika tanah disekitar Brook menjadi es licin!

Kata eisbahn sendiri di Jepang adalah loanword (kata yang dipinjam dari bahasa lain) dari Jerman, artinya adalah keadaan permukaan jalan yang membeku. Banyak terjadi saat musim dingin (salju) dan membuat jalan licin hingga harus berhati-hati. Sebuah kata yang menggambarkan bagaimana jurus Brook bekerja. Membuat lawannya terpeleset dan terpental.

Sungguh bahagia melihat pedang Soul Solid milik Brook tak hanya bisa membekukan lawan yang ia sayat, tapi juga membekukan benda-benda di sekitarnya. Apakah kemampuannya membekukan sesuatu dan membuatnya benda disekitarnya jadi es akan menyaingi pengguna logia es? (tentu saja tidak).

Dari garis belang di ekornya, sekarang kita tahu bahwa wanita mink itu adalah Tristan, seorang mink dengan kemampuan medis, sepertinya perawat.

Tristan kaget melihat tulang dan belut bisa bicara XD ya biasanya di Zou mereka cuma mendengar hewan berbulu sih yang bicara. Tristan lari ketakutan.

Grup Sanji sampai di kota dan menemukan banyak mayat tergeletak serta masih ada gas disana. Sempat disangka hewan tapi Caesar tahu bahwa mereka adalah mink. Salah satu ilmuan paling terkemuka sedunia tentu tahu tentang keberadaan mink.

Salah seorang mink mulai berbicara. Ironi saat Chopper kaget mendengar hewan tersebut bisa bicara. Tak sadarkah bahwa ia juga hewan yang bisa berbicara?

Sosok Pedro diperlihatkan, sepertinya ia adalah mink macan tutul dari pola titik-titik di kepalanya. Ia meminta Chopper cs untuk menyelamatkan 2 orang terpenting di negara ini, Duke Inu-arashi dan Master Neko-mamushi. Duke Inu terlihat kehilangan satu kakinya sedang Master Neko kehilangan sebelah tangannya. Pedro mengatakan 2 orang tersebut tak boleh mati, karena dunia sedang menunggu mereka!

Dua Kemungkinan


Chopper datang di Zou 2 hari setelah gas beracun dilepaskan. Tapi mink masih bisa bertahan. Selain karena mereka memang dasarnya kuat aku rasa ada alasan lain mereka bisa bertahan selama 2 hari tanpa pertolongan. Senjata gas beracun itu tidak sempurna. Kita lihat produk terbaru Caesar, Shinokuni juga tidak sempurna. Shinokuni membuat korbannya membatu dan “memaksa” mereka menghirup gas beracun itu terus-menerus. Korban harus menghirup gas tersebut setengah hari sebelum benar-benar mati. Jika “cangkang” dipecahkan sebelum 12 jam, korban masih hidup dan bisa diselamatkan. Jika produk terbaru Caesar saja punya kelemahan seperti itu, sudah tentu produk-produk senjata gas beracun sebelumnya punya kelemahan yang sama atau lebih lemah, kan? Inilah kemungkinan kenapa mereka bisa bertahan 2 hari setelah terkena gas beracun.

Cerita chapter ini terjadi tepat sebelum cerita Sanji cs di chapter 795. Jika kita lihat lagi semua potongan puzzle itu mulai membentuk satu bagian besar cerita tentang Zou dalam beberapa hari terakhir.

Jika kita lihat kembali chapter 795, Sanji dan Chopper sedang memaksa Caesar untuk membantu menyelamatkan “mereka”. Tentu mereka yang dimaksud disini adalah para mink. Caesar dengan kekuatan buah setannya dapat dengan mudah menghilangkan gas beracun yang masih ada disana. Dia sebagai pembuat senjata tersebut tentu tahu antidote atau obat penawar dari racun yang digunakan.
Setelah itu Nami cs masih bertarung dengan Sheepshead, Gin rummy dan kawanannya. Brook sempat menahan mereka, tapi kemudian Sanji yang masih berada di kota sepertinya “tahu” apa yang terjadi.
Ia dengan skywalk bergegas menuju ke Nami dan mengalahkan Sheepshead.

Wanita yang dicari nami dan yang melihat dari balik pohon sudah tentu Tristan.

Setelah itu Chopper menyuruh mereka untuk segera ke tempatnya, tentu untuk membantu menyelamatkan para mink.

Inilah awal mula bagaimana tim Sunny bisa jadi penyelamat para mink.

Yang jadi soal adalah kita tahu Sheepshead ketua dari gifters. Ia ada disana saat Sanji datang atau setelah Jack pergi. Artinya ia adalah salah satu pasukan Jack yang ditinggal di Zou untuk tetap mencari Raizo.

Setelah dipukul mundur oleh Sanji, Gin Rummy mengatakan akan melaporkan bahwa ia tak menemukan si samurai (ninja).

Ini bisa berarti 2 hal, pertama – ia, Sheepshead dan kawanannya sudah pergi dari Zou dan kembali ke markas mereka. Kedua, Sheepshead masih ada di Zou, entah sudah dikalahkan atau belum. Tapi jika kemungkinan kedua terjadi, berarti nantinya ada kemungkinan untuk Jack kembali ke Zou untuk menjemput anak buahnya. Bisa terjadi Luffy disana akan membalaskan dendam para mink dengan mengalahkan Jack.

Kemungkinan mana yang kalian inginkan?

Orang yang Ditunggu Dunia


Apa yang Pedro maksudkan bahwa Duke dan Master adalah 2 orang yang sedang ditunggu dunia?
Apa ada kaitannya dengan mereka sebagai pemimpin negara dan juga reverie (perkumpulan para pemimpin negara dibawah Pemerintah Dunia) ?

Aku rasa tidak. Suku mink terkenal akan rasa bencinya terhadap manusia. Aku tak mengira mereka bergabung dengan Pemerintahan Dunia, sehingga mereka tentu tidak ikut dalam reverie. Kemungkinan adalah hal lain.

Janji.

Dengan peradaban mereka yang sudah berumur ribuan tahun, aku lebih mengira keberadaan mereka berdua yang ditunggu dunia berkaitan dengan masa lalu dan abad kekosongan. Seperti janji tentang Noah yang sudah turun temurun, keberadaan 2 pemimpin Mokomo Dukedom sepertinya juga diwariskan turun temurun.

Mungkin seperti bahwa kedua pemimpin itu yang nantinya akan memimpin suku mink mendukung sesuatu (atau seseorang). Bisa juga tentang masalah diskriminasi ras. Kita tahu suku mink masih diperjual-belikan, mungkin perjanjian itu berkaitan dengan nantinya suku mink bisa hidup berdampingan dengan manusia. Hampir mirip dengan kasus manusia ikan yang punya masalah serupa.

Setelah itu semua, maka akan tercipta dunia yang nyaman, semua ras hidup dalam kesetaraan dan menjadi satu bagian dunia yang tak terpisahkan, atau bisa kalian sebut…

ONE PIECE.

Ini adalah chapter terakhir yang kita dapat tahun ini. Minggu depan semua manga libur menyambut natal dan tahun baru. Chapter baru keluar resmi 4 januari, kita mungkin sudah bisa membacanya di awal tahun.

Banyak yang terjadi dalam setahun ini, banyak kejadian epic, mengharukan, keren, menggemparkan, dan penuh tanda tanya yang terjadi di One Piece.

Sebelumnya aku ingin mengucapkan terima kasih pada kalian untuk setia menemani kami disini membahas chapter setiap minggunya, semoga tahun depan akan jadi lebih ramai dan lebih asik lagi.

Aku juga ingin mengucapkan selamat menikah untuk legenda hidup dan mantan admin OPFCI, om Tony (Tonyohoho), semoga diberi kelancaran dan dapat menjadi keluarga yang bahagia.

Sekian kata-kata dan review dariku, semoga menyenangkan untuk dibaca.

Review One Piece Chapter 810 – Kelompok Bajak Laut Topi Keriting Tiba
by Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia
 
Sumber: http://onepieceindonesia.com/review/oikgerd/review-one-piece-chapter-810-kelompok-bajak-laut-topi-keriting-tiba/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>