Minggu, 24 April 2016

Master Nekomamushi - Review One Piece Chapter 809

Teman. Sahabat. Tak ubahnya sebagai belahan jiwa. Mereka bisa mengerti apa yang kita rasakan. Mereka bisa mengerti tanpa kita ucapkan. Saling mengerti. Saling menjaga. Saling memberi semangat satu sama lain. Cerita kali ini adalah tentang persahabatan. Persahabatan yang terjadi antara dua insan yang biasanya digambarkan bermusuhan. Dua sahabat yang saat ini tak lagi bertegur sapa, entah kenapa. Tapi tetap sama-sama menjaga hal terpenting bagi mereka berdua. Sebuah negara. Mari kita mulai saja.

Orang yang Paling Dibenci


Wanda pernah bilang bahwa semua mink dari jenis anjing mengagumi Brook. Sampai-sampai mereka menyematkan julukan padanya. Mereka tak bisa menentang insting alami mereka sebagai anjing, tulang adalah favorit mereka. Karena Brook cuma tulang, jadi ya…

Hal ini terjadi pada semua jenis mink anjing, tak terkecuali pemimpin negara ini, Duke Inu-arashi. Melihat Brook sampai-sampai membuatnya ngiler.

Hanya karena Brook masih dalam proses penyembuhan dan fakta bahwa Brook adalah penyelamat mereka sajalah Wanda dan Duke menahan hasrat mereka untuk “mencicipi” Brook. Tunggu sampai dia sembuh dulu katanya.

Di tengah keributan itu sang arkeolog kita masih bisa berpikir tenang tentang hal besar yang diungkapkan Chopper di akhir chapter lalu, senjata gas beracun Caesar. Robin sekarang mengerti, disaat Caesar yang menciptakan senjata tersebut, atasan Caesar – Joker atau Doflamingo – yang kemudian mendistribusikan senjata tersebut. Karena Doflamingo dan Kaido adalah partner bisnis, bukan hal yang aneh jika senjata tersebut akhirnya bisa jatuh ke tangan Kaido dan anak buahnya.
Senjata yang kemudian digunakan oleh Jack di negeri manusia setengah hewan ini.

Luffy yang mendengar nama Caesar dan mengetahui bahwa dia adalah pembuat senjata tersebut terlihat marah. Jika kalian masih berpikir orang sejahat Caesar untuk masuk kelompok Bajak Laut Topi Jerami, kalian belum benar-benar mengerti Luffy. Kelakuannya menciptakan senjata pemusnah masal, menculik anak-anak dan menjadikan mereka bahan percobaan, juga ketidak-peduliannya terhadap bawahannya adalah hal-hal yang sangat jahat. Dikatakan Usopp, orang seperti Caesar adalah jenis orang yang paling dibenci Luffy. Memang orang bisa berubah, tapi tidak terhadap orang keras kepala seperti Caesar, kecuali ada kejadian khusus yang benar-benar membuka hatinya.

Nami, Robin dan Franky memang juga pernah menjadi “penjahat”. Tapi mereka tak benar-benar jahat, hati mereka sebenarnya baik. Mereka bahkan tak pernah melakukan sesuatu yang benar-benar jahat. Hal-hal lain yang memaksa mereka menjadi seperti itu. Mencari uang dan bergabung dengan musuh untuk melindungi desa dan warganya, mencari perlindungan karena dari kecil terus diburu dan dikhianati semua orang, mencari kebenaran yang menjadi impiannya, melindungi kota dari bayang-bayang karena merasa berhutang pada penyelamatnya, atau sebagainya. Kalian paham apa yang ku maksud.

Apa Dia Anak-anak !?


Semua pembicaraan tentang kekalahan negara ini tak membuat Duke tertarik. Ia lebih tertarik saat melihat topi jerami yang dikenakan Luffy.

“Topi jerami itu terlihat cukup cocok denganmu.”

Dahulu kala, Duke Inu-arashi dan Master Nekomamushi pernah berlayar bersama. Dalam perjalanan itu, Duke bertemu dengan seorang anak muda, Shanks namanya, yang mengenakan topi jerami mirip dengan Luffy. Anak muda yang sekarang sudah terkenal dan menjadi salah satu dari empat kaisar (Yonko).

Well, tentu saja topi jerami Shanks dan Luffy mirip, karena pada kenyataannya itu adalah topi yang sama. Yang artinya pelayaran Duke dan pertemuannya dengan Shanks terjadi paling tidak lebih jauh daripada 12 tahun lalu. Karena 12 tahun lalu topi itu Shanks berikan pada seorang anak kecil dari Desa Foosha. Pertemuan yang terjadi saat Shanks masih bajak laut biasa dan belum menjadi salah seorang dari Yonko. Entah saat Shanks masih berada di kapal Roger atau saat sudah menjadi bajak laut rambut merah, tapi dilihat dari Duke yang tak mengatakan apapun tentang Roger, kemungkinan hal tersebut terjadi saat Shanks sudah menjadi kapten dari kapalnya sendiri.

Luffy yang bahagia tak menyangka bisa mendengar kata “Shanks” disini, mulai bercerita tentang Shanks dan topi jeraminya itu. Tapi belum apa-apa ia ditinggal tidur oleh Duke. Sekarang kau merasakan bagaimana perasaan orang-orang yang sedang bercerita tetapi malah kau tinggal tidur kan, Luffy?

Luffy yang tak terima ditinggal tidur, coba membangunkan Duke, dijiwitin pipinya, naik ke badannya, ditarik-tarik telinganya sampai dimarahin Chopper karena Duke masih dalam kondisi terluka.

Duke tertidur karena waktu saat itu sudah menunjukkan pukul 6 sore. Hal yang membuat Usopp marah, seperti anak-anak saja, kata Usopp, jam 6 sore sudah tidur.

Kucing Penjaga dan Tulisan Bersejarah


Wanda kembali menjelaskan apa yang terjadi pada Duke dan negara ini.

Pemimpin negara ini ada 2. Pertama ada Duke Inu-arashi, seorang duke dari dukedom ini. Pemimpin resmi dari Mokomo. Yang Kedua ada Master Nekomamushi, pelindung dari “Hutan Paus”, yang berkekuatan setara dengan dengan Duke sehingga juga merupakan pemimpin negara ini.

Bagaimana bisa seorang yang menjadi “pelindung” mempunyai kesetaraan dengan Duke untuk memimpin negara ini. Pastilah pelindung tersebut orang yang sangat penting di negara ini. Dengan kata lain, pastilah hal yang “dilindungi” adalah hal yang sangat penting, sama pentingnya dengan keberasaan negara ini. Apa itu?

Kata-kata bahwa “hutan paus” adalah tempat suci bagi para mink dari generasi ke generasi membuat radar neptunus kita berbunyi. Dengan keberadaan negara ini yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun, dan ada hal yang dijaga turun-temurun, mengingatkan kita pada Kota Emas Shandora. Para penduduk Shandora bertarung melindungi kota mereka dari para penyusup yang mencoba masuk. Mereka melindungi kota itu bukan karena emas, tapi karena sesuatu yang lebih berharga dari emas bagi mereka, melindungi Poneglyph. Aku bisa melihat kesamaan antara Shandora dan Zou. Seperti yang aku selalu katakan, aku tak akan heran jika kita melihat ada Poneglyph disini. Sebuah batu tulis yang sangat berharga dan dilindungi turun temurun sampai-sampai sang “pelindung” dianggap orang terpenting dan memiliki kekuatan setara dengan pemimpin resmi negara ini.

Tapi ternyata Duke Inu-arashi dan Master Nekomamushi punya sejarah yang panjang diantara keduanya.

Jika sekarang mereka berdua bertemu, bisa dipastikan mereka akan bertarung, pertarungan mereka selama ini selalu berakhir seri. Tak ada yang tahu kenapa mereka bertarung, padahal dahulu mereka berdua bersahabat.

Mereka terlihat seperti Sanji dan Zoro atau sahabat pada umumnya. Jika bertemu selalu bertengkar. Tapi dalam hati terdalam, mereka saling mengerti dan saling percaya satu sama lain. Karena inilah mereka bisa saling percaya saat negara ini sistem pemerintahannya mereka bagi menjadi dua.

Duke Inu-arashi bekerja “bersama matahari” dari jam 6 pagi sampai 6 sore.

Master Nekomamushi bekerja “bersama bulan” dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.

Ternyata hal ini juga mempengaruhi semuanya. Mink di dalam benteng dan kota bersama Duke menjadi makhluk diurnal atau aktif di siang hari, sedang mink di hutan menjadi lebih aktif di malam hari atau nocturnal. Hal ini terus berlaku, termasuk juga dalam situasi tempur…

Tanduk Hitam


Kembali ke 17 hari yang lalu, saat Jack mulai menyerang negara ini.

Warga mink yang dipaksa bertarung dengan Jack akhirnya terselamatkan dengan kedatangan musketeer squad. Terlihat Wanda, Carrot dan beberapa mink yang kita temui di benteng kanan termasuk dalam regu petarung yang di kapteni oleh Sicilian ini.

Wanda bertanya-tanya karena ada yang ganjil dengan penampilan pasukan bawahan Jack. Apakah mungkin mereka ras yang belum diketahui? Tanya Wanda.

Salah satu dari mereka kemudian merubah tangannya menjadi kepala serigala. Sebuah perubahan aneh. Orang-orang dengan tanduk hitam memang terlihat aneh.

Tangan Kepiting, telinga tikus, tanduk di bahu… abnormal. Tidak normal bahkan untuk pengguna Zoan sekalipun. Hanya sebagian tubuh mereka yang berubah jadi bagian hewan, bahkan ada yang perubahan tersebut tidak pada tempatnya. Sheepshead yang menjadi ketua divisi ini juga aneh, tangannya dapat berubah menjadi tanduk kambing. Biasanya pada pengguna Zoan, tangan mereka berubah menjadi kaki/sayap binatang perubahan mereka. Karena keanehan-keanehan inilah, aku berpendapat mereka bukan pengguna buah setan Zoan biasa, melainkan pengguna buah setan Zoan buatan atau SMILE. Mungkin kekurangan-kekurangan itu karena SMILE adalah hasil rekayasa manusia.

Ya, aku berteori, divisi gifters merupakan pasukan buah setan zoan buatan yang berada di bawah komando Kaido. Mereka juga punya penampilan khusus, “tanduk hitam”, mungkin itulah yang nantinya bisa kita gunakan untuk pembeda pengguna Smile atau bukan. Kemudian tanda di tangan Sheepshead kemungkinan juga adalah tanda dari seseorang pengguna smile dilihat dari tanda itu juga terdapat pada tangan orang yang merubah tangannya menjadi kepala serigala.

Saat itu juga datang 3 pemimpin regu musketeer yang berada di bawah kepemimpinan Duke Inu-arashi. Sicilian sebagai pemimpin , seorang mink zebra dan juga seorang mink rubah/hyena. Yang jadi ironi adalah, tak ada seorangpun dari regu musketeer ini yang menggunakan musket – sejenis senjata api laras panjang – untuk bertempur. Mungkin Oda hanya meminjam nama dari cerita terkenal 3 musketeer itu. Kalau begitu, aku masih menunggu siapa yang akan jadi d’artagnan atau musketeer ke-4 nantinya.

Sikap Seorang Pemimpin


Sang pemimpin, Duke, mau tak mau harus turun tangan juga dalam masalah ini.

Duke mengatakan pada Jack untuk menghentikan perbuatannya. Inu-arashi bersumpah bahwa orang yang dicari Jack tak berada disini. Ia membuang pedangnya, tak ingin bertarung dengan Jack. Ia tahu, jika mereka bertarung hanya akan membuat banyak korban berjatuhan di kedua belah pihak. Ia mengatakan Jack boleh mencari ke penjuru negeri ini dengan bebas, dengan syarat Jack menghentikan perbuatannya. Tapi Jack yang tak kenal kompromi itupun menolaknya, malah menyerang Duke dengan belalai besarnya.

BAM!

Serangan Jack bisa ditahan Inu-arashi dengan 1 tangan!!

Anak buah Jack kaget bukan main, bagaimana tidak, kekuatan Jack tidak main-main. Anak buahnya tahu itu. sebagai petinggi bajak laut besar, mereka sudah tentu sering bertarung dengan lawan hebat, mereka juga tahu seperti apa kekuatan Jack. Melihat seseorang menahan serangan tersebut hanya dengan satu tangan sepertinya hal yang jarang dilihat oleh mereka. Mereka sadar, anjing ini bukan anjing biasa. Kekuatannya tak main-main. Kata-kata Wanda bahwa Duke Inu-arashi adalah petarung terkuat di negara ini sepertinya bukan isapan jempol semata.

10 Digit


1.000.000.000

1 Milyar Berry.

Sebanyak itulah angka yang pemerintah tawarkan untuk kepala salah satu tangan kanan dari Yonko. Nilai buruan 10 digit pertama yang terlihat sejauh ini. Dua kali lipat dari nilai buruan lakon utama kita saat ini. WOW. Sangat besar. Tapi kenapa nilai buruan Jack bisa setinggi itu?

Jika kita katakan Nilai Buruan berbanding lurus dengan kekuatan seseorang, bisa dikatakan pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, namun tak sepenuhnya salah juga.

Nilai buruan tergantung dari seberapa besar keinginan pemerintah dunia mendapati orang tersebut tertangkap atau mati, bisa juga disebut seberapa besar tingkat ancaman yang diberikan orang tersebut terhadap pemerintah dunia ataupun angkatan laut.

Nico Robin punya nilai buruan yang sangat tinggi karena kemampuannya membaca Poneglyph yang dianggap berbahaya oleh Pemerintah Dunia. Jadi tak melulu soal kekuatan.

Tapi bajak laut adalah kriminal. Seperti apapun mereka, jika mengibarkan bendera hitam bertengkorak di kapal, mereka akan dianggap kriminal oleh Pemerintah dan angkatan laut. Semakin kuat seorang kriminal, semakin besar pula tingkat ancamannya terhadap Pemerintah dan Angkatan Laut, yang artinya kemungkinan semakin besar pula nilai buruan terhadap kepalanya.

Orang yang suka mengacau di masyarakat akan mendapat nilai buruan yang lebih tinggi dari mereka yang melakukan kejahatan tanpa menghasilkan korban jiwa. Apalagi jika itu berhubungan dengan warga sipil. Ini yang terjadi saat nilai buruan Kidd lebih tinggi daripada Luffy, Kidd lebih sering menimbulkan korban jiwa di pihak warga sipil sehingga Pemerintah Dunia menganggapnya lebih berbahaya dari Luffy, yang membuat nilai buruannya lebih tinggi dari Luffy.

Sedangkan pada Jack, kenapa nilai buruannya bisa setinggi itu? bukankah seperti tidak masuk akal sedangkan Ace yang merupakan komandan divisi 2 bajak laut kumis putih saja “Cuma” bernilai 550 juta berry.

Jawabannya adalah karena Jack dianggap pemerintah dunia lebih berbahaya daripada Ace. Dua kali lebih berbahaya. Ace sendiri bisa dibilang “orang baru” di dunia bajak laut. Tak sampai 3 tahun dari saat ia berlayar sampai mendapat nilai buruan super besar itu. Sebuah hal yang bisa dibilang prestasi yang mengagumkan bagi bajak laut.

Dari julukannya kita tahu bahwa Jack suka menghancurkan tempat dimanapun ia berada, tanpa kompromi. Hal ini tentu meresahkan warga. Ditambah posisinya sebagai 3 “bencana” di bawah Kaido, tentu kita bisa perkirakan bagaimana kekuatan salah satu orang kepercayaan seorang Yonko ini. Sangat kuat tentunya. Ditambah posisinya sebagai kapten salah satu armada divisi Bajak Laut Kaido, tentu pemerintah tak bisa menganggap enteng dirinya.

Kombinasi kekuatan + suka menghancurkan + orang yang berpengaruh + sifat yang tak kenal kompromi yang membuatnya mendapatkan nilai buruan sangat tinggi. Satu milyar Berry. Harga yang sangat pantas menurutku.

Lalu berapa nilai buruan Kaido?

Pergantian Pemain


Pertarungan antara musketeer melawan Jack dan anak buah berlanjut sampai pukul 6 sore.

Seketika terdengar raungan dari arah hutan paus. Ya, raungan dari master Nekomamushi.

Duke Inu-arashi menyuruh pasukannya mundur dan tak bekerja sama dengan Nekomamushi. Duke lebih memilih mengistirahatkan pasukannya untuk menjaga stamina sedangkan musuh yang terus bertarung akan terkuras staminanya.

Sesaat setelah Duke pergi, sesosok kucing besar datang ke hadapan Jack bersama pasukan “guardian”. Ya, kucing besar itu ternyata adalah Master Nekomamushi. Dia tak pandang bulu, semua yang memasuki negara ini tanpa ijin akan dihabisinya. Tanpa basa-basi ia memegang belalai Jack dan membantingnya.

Jack terlihat kembali ke wujud manusianya, atau setidaknya wujud hybrid – setengah manusia setengah hewan. Bisa kita katakan, selama ini wujud hybrid seorang pengguna Zoan adalah yang terkuat dibandingkan sosok hewan maupun manusia mereka. Jika sudah begini, sosok Jack yang berubah dari wujud binatang kembali ke bentuk manusia atau hybrid sedikit banyak menggambarkan ia baru akan serius menghadapi pertempuran ini.

Pertarungan ini sendiri terjadi 17 hari yang lalu. Kemudian 10 hari yang lalu saat Sanji cs tiba disana sepertinya masih ada gas beracun disana (baca tulisanku “sedikit kilas balik”), yang artinya pertarungan Jack dan mink terjadi sekitar 6-7 hari. Kenapa bisa selama itu?

Aku yakin ini ada hubungannya dengan pergantian yang selalu dilakukan oleh Duke Inu dan Master Nekomamushi. Mereka yang bertarung bergantian dan menjaga stamina tentu bisa menahan gempuran Jack dan kawanannya yang terus bertarung dan kehabisan stamina. Hal yang kemudian berbalik saat Jack sudah di ambang kekalahan dan menggunakan gas beracun buatan Caesar. Bukan berarti Jack lemah, tetapi jika kau dipaksa bertarung 7 hari berturut-turut dengan lawan hebat yang staminanya selalu terjaga, siapapun akan kewalahan.

Sudah Selesai


Biasanya saat kita memasuki suatu pulau, akan ada pola disana. Masuk pulau, petualangan sebentar dan bertemu orang-orang penting, terjadi masalah, ada kilas balik lengkap, kemudian penyelesaian masalah, setelah itu ada pesta.

Tapi di Zou berbeda, setelah masuk pulau, mereka langsung berpesta. Setelah itu mereka mendapat kilas balik lengkap dan bertemu orang-orang penting. Sudah tak ada lagi masalah besar yang sepertinya akan terjadi disini.

Hal aneh diatas menjadikanku bertanya-tanya, mungkinkah Arc Zou ini sudah selesai?

Disaat Luffy cs menyelesaikan masalah di Arc Dressrosa, mungkinkah Sanji cs juga melakukan hal yang sama di Zou?

Artinya semua masalah di Zou sudah selesai oleh Sanji cs dalam 10 hari terakhir. Saat ini Luffy Cuma akan mendapatkan kilas balik lengkap dan bertemu orang-orang penting. Mungkin akan ada masalah-masalah kecil, seperti pertemuan dan penyatuan Duke Inu dan Master Nekomamushi, adanya Poneglyph, dan masalah para samurai serta Raizo.

Mungkinkah setelah kilas balik selesai, dan kita mendapatkan gambaran tentang samurai serta apa yang terjadi pada Sanji kita akan langsung pergi dari pulau di punggung gajah ini?

Mungkinkah setelah ini kita akan langsung menuju arc yang berpusat pada si koki alis keriting?
Kita tunggu dulu lanjutan cerita Zou 2 minggu lagi. Karena minggu depan One Piece dapat jatah libur.

Sekian review kali ini,

Pertama-tama aku ingin meminta maaf karena review kali ini lagi-lagi keluarnya lama sekali. Gomen na!

Kedua, aku berterima kasih pada kalian yang sudah sabar menunggu review dariku dan membaca sampai kalimat ini, Arigatou na!

Salam kangen alis keriting~~
Thanks to: mangastream, apforums, skadi, LegendarySSJ4,

Master Nekomamushi Oleh Oikgerd

Admin One Piece Fans Club Indonesia

 

Sumber: http://onepieceindonesia.com/review/oikgerd/master-nekomamushi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>