Minggu, 24 April 2016

Duke Inuarashi - Review One Piece Chapter 808

Tak banyak bukan berarti tak ada. Chapter kali ini memang tak begitu panjang, tapi tetap ada informasi-informasi penting yang terselip disana. Tak banyak memang, tapi tetap penting untuk jalan cerita ke depannya. Kita juga diperlihatkan beberapa hal dalam kilas balik yang mulai memberikan pencerahan kepadas kita semua tentang apa yang sebenarnya terjadi. Mari kita lihat satu persatu, tapi karena memang tak terlalu banyak, review ini juga jadi tak sepanjang biasanya (alasan). Let’s begin.

(Calon) Pahlawan Terbesar Selautan


Cerita sampul kali ini menampilkan

“Dari Geladak Kapal Dunia: Cerita Manusia 500 Juta”

“Vol. 4 Desa Syrup”

Kali ini kita diajak untuk kembali ke Pulau Gekko (Tokek) tempat dimana Desa Syrup berada. Desa ini adalah desa dimana Yasopp dan istrinya, Banchina memilih untuk tinggal. Tempat dimana Usopp, (calon) pahlawan terbesar selautan menghabiskan masa kecilnya.

Kali ini kita melihat 3 mantan anggota Bajak Laut Usopp mengetahui nilai buruan terbaru mantan kapten mereka. Ninjin (Wortel) terlihat berlari bahagia sambil membawa Poster buronan Usopp. Tamanegi (Bawang) tak bisa menahan air matanya dan menangis bahagia. Sedang Piiman (Paprika) bersama Nona Kaya juga tidak percaya Usopp menjadi pria yang dikenal di seantero dunia. Para penduduk desa terlihat keluar rumah penasaran terjadi keributan apa di jalanan. Kemungkinan mereka akhirnya mengetahui tentang kabar terbaru seorang bajak laut (yang akan menjadi) legenda yang berasal dari desa mereka itu.

Ada beberapa tempat di East Blue yang dilewati oleh Oda dalam cerita sampul kali ini. Kota Shell, Kota Orange, dan pulau binatang aneh tak muncul, tak seperti di cerita sampul “dari geladak kapal dunia” sebelumnya. Ini mengindikasikan bahwa cerita sampul kali ini sepertinya akan lebih pendek dan hanya menampilkan orang-orang terpenting, serta pulau asal anggota Bajak Laut Topi Jerami saja. Cerita sampul volume berikutnya kemungkinan besar akan ada di restoran terapung Baratie, dengan kemunculan Zeff, Patty dan Carne disana. Kita tunggu.

Bencana di Negeri Para Hewan


Sejenak kembali ke 17 hari lalu.

Seekor mammoth dengan paksa masuk ke Mokomo Dukedom. Kita sekarang tahu bahwa gerbang masuk yang terlihat rusak adalah ulah dari mammoth ini. Kita juga sekarang bisa yakin bahwa si monyet yang jatuh bersama Kin’emon dan Kanjurou adalah Bariete. Selain karena Ete memang berarti monyet, Carrot juga menyebutkan Bariete adalah penjaga gerbang masuk negara ini. Di chapter ini kita bisa lihat monyet tersebut sebagai penjaga gerbang memberikan peringatan tentang bajak laut yang memaksa masuk Mokomo. Dia dan para penjaga gerbang lain tak bisa berbuat banyak untuk menahan kehadiran mereka. Seperti kita tahu di chapter lalu, mereka kesini mencari seseorang bernama Raizo yang berasal dari Negeri Wa.

Sheepshead terlihat kaget saat menginjakkan kaki di negara yang penuh dengan manusia setengah hewan ini. Untuk pertama kali dia menginjakkan kaki disini. Ternyata memang benar-benar ada sebuah negeri yang sudah menjadi mitos dan legenda. Karena mungkin memang jumlah mink yang sedikit, sepertinya juga tak banyak yang keluar pulau, serta tempat tinggal yang selalu berpindah tempat menjadikan tak banyak orang yang percaya bahwa pulau ini dan para mink memang benar-benar ada.

Sheepshead lalu memperkenalkan sang mammoth super besar itu,

Kangai no Jakku (Jack si Kemarau/Kekeringan)


Ternyata benar prediksi kebanyakan orang, Sosok Jack adalah seekor mammoth, yang kemungkinan berasal dari buah setan Zoan Kuno Gajah Tipe Mammoth.

Sosok manusianya memang belum diperlihatkan, tapi kita bisa melihat beberapa hal disana. Seperti rambut kepang dua yang mirip dengan Lola juga Weevil. Apakah mereka ada hubungan? Aku rasa tidak. Kru Jack diperlihatkan mengambil tema bajak laut viking dari penampilannya, dan rambut kepang 2 adalah salah satu ciri khas dari para viking yang terkenal itu. Tapi sosok manusia Jack yang masih terus disembunyikan oleh Oda tentu membuat kita terus bertanya-tanya, apakah mungkin ini karena sosok Jack adalah seseorang yang sudah kita kenal sebelumnya?

Sedikit dari sifat Jack yang sudah diperlihatkan adalah dia tak mengenal kompromi. Entah anak kecil, dewasa, sampai orang tua, Jack tak perduli. Jika ia punya keinginan, apapun yang terjadi hal tersebut haruslah terpenuhi. Sifat yang membuatnya tak peduli menyerang konvoi Angkatan Laut yang membawa Doflamingo, walaupun diatasnya ada seorang mantan Fleet admiral, seorang Admiral, dan beberapa Vice Admiral. Sifat yang membuatnya seperti hanya mengandalkan otot dan kekuatannya saja, tanpa menggunakan otak. Apakah kita akan menemukan seorang antagonis yang sepenuhnya memanfaatkan kekuatan otot dan tak menggunakan otaknya saat bertarung dalam sosok Jack? Aku bisa melihat hal itu terjadi.

Kita semua sudah mengira bahwa Jack adalah salah satu dari petinggi Bajak Laut Kaido. Yang tidak kita sangka, Jack ternyata adalah tangan kanan dari Kaido, salah satu dari empat kaisar bajak laut itu! Jack dikatakan adalah salah satu dari tiga orang yang memiliki titel “Bencana” dalam bawahan Kaido.

Julukan “Kemarau/Kekeringan” yang melekat pada Jack disebabkan karena semua tempat yang dikunjungi Jack, tempat tersebut akan hancur dan terlihat seperti baru saja mengalami bencana alam kekeringan.

Sungguh sosok yang luar biasa, dan kita masih akan melihat dua “bencana” lain yang tentunya tak kalah sangar dengan Jack.

Dari kekuatan, dengan tema bajak laut Kaido berupa hewan dan Jack sebagai salah satu “bencana” berkekuatan Zoan kuno, kita bisa mengharapkan dua “bencana” lain juga menggunakan kekuatan yang sama, Zoan Kuno. Entah itu dari kalangan dinosaurus, atau apapun. Bahkan mungkin akan ada Zoan mitos disana. Yang jelas kekuatan mereka tak akan main-main.

Tema “tiga bencana” sendiri lebih dikenal di kalangan umat Buddha. Sejauh pengetahuanku, bagi mereka ada “tiga bencana” yang ada. Kelaparan, wabah penyakit, dan perang.

Sosok Jack, dengan julukan kekeringan tentu sedikit banyak menggambarkan kelaparan.

Dua bencana lain, mungkin akan ada sosok seorang dengan kekuatan khusus yang bisa menimbulkan wabah penyakit ke setiap tempat yang ia kunjungi. Hewan purba apa yang bisa menyebarkan semacam racun atau virus dari tubuhnya?

Bencana terakhir, perang, aku mengharapkan akan ada seseorang dengan otak super, seperti sosok seorang jendral yang mampu mengendalikan jalannya perang, seorang jenius strategi, yang mana ia juga sebagai sosok yang bertanggung jawab atas semua pergerakan Bajak Laut Kaido di Dunia Baru ini, sehingga mereka bisa menguasai banyak wilayah dan menjadikan Kaido salah satu dari Empat Kaisar.

Hewan dan Kartu


Hyakujū Kaizokudan bisa diartikan sebagai Beast Pirates / Bajak Laut Binatang (secara harafiah – Bajak Laut semua jenis hewan).

Bajak Laut ini dikapteni oleh Kaido. Dibawah Kaido ada tiga “bencana” yang dianggap sebagai orang-orang kepercayaan Kaido. Dibawahnya setidaknya ada dua divisi yang berbeda, “pleasures” dan “gifters”.

Pleasure terlihat sebagai pasukan paling bawah dan paling lemah dari mereka semua. Mereka juga terlihat seperti manusia biasa.

Gifters sepertinya pasukan yang lebih elit daripada Pleasures, dan mereka tak terlihat seperti manusia biasa. Dari mereka terlihat ada yang mempunya tangan kepiting, telinga tikus, dan tanduk yang muncul dari bahu. Tapi perubahan mereka terlihat tidak natural. Tanduk di bahu? Beberapa orang juga terlihat hanya berubah sebagian tubuhnya saja, tidak seperti mode setengah hewan-setengah manusia buah setan zoan pada umumnya (memang ada kasus Marco yang hanya bisa merubah sebagian tubuhnya saja – tapi aku rasa untuk kasus Marco, itu menunjukkan keahlian dia dalam menggunakan buah setannya). Perubahan aneh mereka seperti menunjukkan bahwa mereka bukan berkekuatan zoan biasa, kekurangan itu mungkin karena mereka adalah pengguna buah setan zoan buatan (SMILE).

Sheepshead adalah pemimpin kelompok ini. Kita tahu tangannya dapat berubah jadi tanduk kambing, perubahan yang tidak biasa kan? Biasanya tangan berubah jadi kaki/sayap. Di tangan Sheepshead terlihat tato yang berpindah-pindah tempat. Tato tersebut berbentuk lingkaran yang mirip dengan lingkaran pada buah setan zoan buatan (SMILE). Jadi, aku pikir, para gifters inilah pasukan buah setan zoan buatan di bawah komando Kaido yang dikatakan seseorang di Punk Hazard dulu, dan jumlahnya tak main-main, 500 orang lebih! Tak aneh jika kemudian bajak laut ini bernama Bajak Laut Hewan.

Untuk tema Bajak Laut ini, selain bertemakan binatang, nama-nama mereka sepertinya diambil dari nama permainan kartu. Yang sudah kita lihat adalah Sheepshead, Gin Rummy, Jack (atau mungkin Blackjack), Scotch (dari Scotch Whist) semuanya diambil dari nama permainan kartu. Kalian bisa mencari sendiri seperti apa bentuk permainan tersebut. Pengucapan Kaido sendiri mirip dengan pengucapan “Kado” dalam bahasa Jepang, yang dapat diartikan sebagai “card” atau “kartu”.

Samurai, Ninja, Sama Saja!


Di sebuah panel di chapter ini kita bisa melihat seorang mink perempuan yang menggendong anaknya. Tapi mereka terlihat seperti dua hewan berbeda. Sepertinya keturunan dalam mink hampir mirip dengan manusia ikan dan mermaid. Tak peduli apapun orang tua mereka, anak mereka bisa berasal dari hewan apapun, yang berbulu pastinya.

Kita juga diperlihatkan bahwa para mink anak-anak, dewasa, sampai tua adalah petarung handal. Mereka juga bisa menggunakan “electro” sejak dini. Ini menguatkan teori bahwa “electro” memang berasal dari listrik statis bulu-bulu mereka.

Daya tahan tubuh mereka juga terlihat luar biasa. Kakek monyet mink yang sudah di hempaskan oleh Jack tetap bisa berdiri dan bertarung tanpa terlihat terpengaruh oleh serangan tersebut. Dikatakan bahwa setiap mink mampu bertarung mempertahankan diri mereka sendiri. Terlihat lebih ke insting mereka sebagai hewan untuk bertahan hidup sepertinya.

Warga biasa saja sudah begitu kuat, apalagi para musketeer mereka yang sudah menjalani latihan lebih keras.

Setelah ada beberapa perdebatan, ternyata samurai yang dicari Gin Rummy dan Sheepshead di chapter 795 adalah Raizo dari Negara Wa. Bagi Gin Rummy yang seorang wanita, semua yang berasal Negeri Wa adalah samurai, walaupun sebenarnya Raizo adalah ninja, mereka tak mengerti perbedaan itu.

Kekuatan Penuh Seorang Musketeer


Kilas balik berakhir, kembali ke Luffy dan yang lainnya.

Wanda sampai saat ini masih tak mengerti bagaimana Jack dan kawanannya bisa tahu ada samurai di Zou, ataupun bagaimana Jack bisa menemukan dan sampai ke negara yang selalu berpindah ini. Kemungkinanya, Jack memiliki Vivre card Raizo, atau ada seorang anggota Jack yang merupakan bangsa mink, atau ada orang lain yang memberikan informasi, banyak kemungkinan.

Luffy terdengar sumringah mendengar kata mammoth, apa Luffy tertarik dengan hewan-hewan purbakala, ya? Hal yang kemudian membuatnya keceplosan kata “ninja”, kata yang akhirnya mengantarkan Luffy mendapatkan beberapa “pukulan cinta” dari Nami, Usopp, dan Brook.

Mereka akhirnya tiba di tempat Duke berada. Di depan pintu ada seorang yang sepertinya bertugas menjaga tempat ini.

Salah satu dari 3 musketeer di bawah Duke Inu-Arashi, pemimpin kelompok tiga musketeer, mink singa, Sicilian.

Sicilian dalam bahasa Jepang – Shishirian, SHISHI-rian, Shishi berarti singa.

Julukannya, Sicilian si “kekuatan penuh” merujuk pada kebiasannya melakukan segala sesuatu dengan kekuatan penuh. Entah dalam sekedar meminta maaf ataupun perbuatan yang lain. Sicilian sendiri menganggap segala sesuatu yang “manis” itu lemah. Pejnampilannya tentu saja mengingatkan kita pada “Puss in Boots”.

Tiga musketeer, sudah tentu Oda mengambil inspirasi dari cerita petualangan Athos, Porthos dan Aramis yang terkenal itu. Di cerita tersebut, ada seseorang bernama D’Artagnan yang pada akhirnya menjadi musketeer ke empat. Jadi apakah ini nantinya akan jadi plot penting yang dibawa Oda dalam arc Zou kali ini? Apakah ada seseorang yang pada akhirnya menjadi musketeer ke empat di bawah Inu-Arashi? Master Neko-Mamushi misalnya? Sehingga terjadi persatuan diantara mereka. Kita belum tahu. Masih kita raba-raba karena belum banyak bukti yang ada.

Anjing dan Racun


Duke Inu-Arashi akhirnya diperlihatkan, dan benar sekali ternyata dia adalah mink anjing. Tubuhnya tinggi besar, dengan kacamata capung, jenggot, dan codet di pipi kiri membuatnya terlihat sangat sangar sekaligus berwibawa.

Wanda terlihat langsung memeluk sang Duke. Aku masih tetap yakin pada pendirianku, bahwa Wanda adalah anak dari Duke Inu-Arashi dan calon penerus takhta Mokomo Dukedom.

Menurut Duke, bukan hanya tim Sunny yang menyelamatkan Zou dan mink di dalamnya, tapi termasuk Luffy cs. Sepertinya kemenangan Luffy atas Doflamingo sehingga si Iblis Langit ditahan pihak angkatan laut sedikit banyak menjadi alasan Jack untuk pergi meninggalkan Zou. Tentunya yang kita tahu kemudian dia mencoba merebut Doflamingo dari konvoi Admiral Fujitora cs. Itu kesan pertama yang terlintas saat sang Duke Inu-Arashi mengatakan tentang Luffy juga jadi penyelamat mereka.

Inu-Arashi selain berarti Anjing-Badai juga dapat berarti Anjing-Landak. Arashi juga dapat berarti landak yang diambil dari nama jepang landak (yama-arashi). Istilah anjing-landak lebih masuk akal karena berpola mirip dengan nama master Neko-Mamushi yang berarti Kucing-Ular berbisa.
Luffy mengatakan bahwa Duke Inu-Arashi adalah orang yang super kuat. Jangan ragukan intuisi Luffy. Dari jaman Rob Lucci di water 7 sampai Fujitora di Dressrosa, Luffy sepertinya bisa tahu seberapa kuat orang di depannya. Belum lagi dengan kemampuan haki pengamatannya saat ini, yang mungkin bisa digunakan untuk mengetahui kuat tidaknya seseorang hanya dari merasakan aura mereka.

Perkataan Luffy ini di amini oleh Wanda yang mengatakan bahwa Duke Inu-Arashi adalah prajurit terkuat di Mokomo Dukedom. Sebegitu kuatnya hingga ia bisa berada di ambang kemenangan melawan tangan kanan seorang yonko andai saja ia tidak membawa senjata untuk membalikkan keadaan pertempuran saat itu. Ternyata senjata yang dibawa Jack ke Zou adalah senjata gas beracun milik Caesar!

Kita tahu Caesar memang produsen senjata mematikan. Diantaranya adalah shinokuni yang ia lepaskan di Punk Hazard beberapa hari yang lalu. Tapi aku yakin, senjata yang dibawa Jack ke Zou bukanlah Shinokuni. Shinokuni sendiri baru diketahui dunia saat Caesar menggunakannya saat Luffy cs ada di Punk Hazard. Bahan dasarnya tentu saja smiley (gas H2S) dan candy yang entah berisi apa. Ini membuatnya dapat menjadikan orang yang terkena menjadi seperti patung agar para korbannya menghirup gas beracun tersebut terus menerus. Ini adalah kemajuan yang dibuat Caesar karena gas H2S tak cukup mematikan kecuali dihirup terus menerus. Karena setelah itu Caesar kalah oleh Luffy, pingsan dan dibawa ke luar pulau Punk Hazard, lebih masuk akal jika senjata yang digunakan Jack adalah hasil karya Caesar sebelum Shinokuni. Entah seperti apa wujudnya.

Alis dan Gas


Penyebutan penggunaan Senjata buatan Caesar di Zou menjadikan sedikit titik terang terungkap. Sekarang kita tahu bahwa Jack benar-benar tertarik kepada Caesar. Bukan hanya karena buah setan buatan, tetapi juga terhadap senjata mematikan buatan ilmuan tersebut.

Sekarang lebih masuk akal untuk menyebutkan bahwa Jack membawa Caesar pergi dari Zou. Mungkin Caesar yang memang minta tolong pada Jack atau Jack sendiri yang melakukan hal tersebut karena memang membutuhkan Caesar.

Jika benar hal itu terjadi, kepergian Sanji jadi sedikit bisa dimengerti. Jika kita saat ini mengatakan Sanji pergi mengejar Caesar, semuanya menjadi lebih masuk akal.

Sanji tahu Caesar adalah kartu penting untuk menggulingkan Kaido. Melihat kartu itu diambil
kembali oleh Jack tentu Sanji sebagai orang yang memegang komando di Tim Sunny merasa menjadi orang yang paling bertanggung jawab. Lalu, ia memutuskan untuk mencoba merebut Caesar kembali dari tangan Jack. Karena saat itu Jack pergi dari Zou untuk mengambil kembali Doflamingo yang ditangkap Angkatan Laut, mau tak mau Sanji harus ikut meninggalkan Zou. Entah dengan kapal sendiri atau menyusup ke kapal Jack.

Tekadnya sudah bulat. Ia meninggalkan pesan pada Luffy tentang hal ini dan alasannya mengejar Caesar. Nami dan yang lain tentu tidak setuju. Para minks juga tak setuju. Karena kepergian Sanji bisa dibilang “bunuh diri” untuk mengejar dan melawan tangan kanan Yonko seorang diri. Tapi Sanji tak bergeming, ia tetap pergi. Inilah kenapa Nami dan yang lain seakan-akan merasa bersalah terhadap Luffy karena tak ada hal lain yang bisa mereka lakukan atas keputusan Sanji.

Sebuah teori tentang dimana Sanji berada, yang menurutku bisa saja terjadi. Entahlah, masih kita tunggu. Apapun itu, yang jelas…

AKU BENAR-BENAR KANGEN DENGAN SANJI !!!

Sekian review kali ini.

Pertama-tama aku ingin meminta maaf karena review kali ini tak keluar secepat biasanya, dan juga review kali ini tak sedalam dan sepanjang biasanya. Gomen na!

Kedua, aku berterima kasih pada kalian yang sudah sabar menunggu review dariku dan membaca sampai kalimat ini, Arigatou na!

Salam kangen alis keriting. Thanks to: mangastream, apforums, skadi.

Duke Inuarashi – Review One Piece Chapter 808 oleh Oikgerd

Admin fanpage One Piece Fans Club Indonesia


Sumber: http://onepieceindonesia.com/review/oikgerd/duke-inuarashi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>