Sabtu, 21 Mei 2016

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 826 – 0 dan 4

Darah memang tak bisa berbohong...

~~ Gantung Pedang ~~

Kerajaan yang dulu pernah berdiri disini itu bernama Kerajaan Shikkearu.

Dari Geladak Kapal Dunia : Cerita Manusia 500 Juta

Vol. 17 : “Bekas Kerajaan Shikkearu – Mengolah lahan bekas tanah pertempuran”

Pulau Kuraigana, sebuah pulau yang gelap dan suram di Grand Line. Disini adalah tempat kediaman pendekar pedang nomor 1 dunia – Dracule Mihawk.

Cerita sampul kali ini kita bisa melihat Mihawk mendapatkan kabar terbaru tentang kelompok Bajak Laut Topi Jerami pasca kejadian Dressrosa. Bisa ditebak, ia pasti bangga mengetahui anak didiknya sanggup bertarung melawan admiral (meskipun cuma sebentar dan tak selesai) dan mendapatkan nilai buruan 320 juta Berry.

Perona juga terlihat disana. Setelah mengantarkan Zoro ke Kepulauan Sabaody, ia sempat kembali ke Thriller Bark yang sudah hancur dan menemukan tubuh Kumashi. Ternyata setelah itu, si putri hantu kembali lagi ke tempat Mihawk. Mengapa? Apa selama 2 tahun terakhir ia jadi suka tinggal bersama Mihawk? 

Mereka berdua sedang bercocok tanam bersama dengan Humandrill, hewan yang selalu meniru perbuatan manusia yang mereka lihat. Dulu, kerajaan Shikkearu ini dilanda perang, menjadikan para humandrill meniru manusia untuk menggunakan senjata dan bertarung. Tapi sekarang, mereka sepertinya sudah meniru kegiatan Mihawk untuk bercocok tanam. Lihat bagaimana hasilnya. Kubis tumbuh subur disana bersama dengan bunga yang juga mekar di negeri nan suram ini.
Mihawk dkk terlihat menggunakan topi jerami, topi yang identik dengan para petani. Tapi kita tentu tahu bahwa topi itu juga melambangkan seseorang yang akan jadi raja bajak laut di masa depan. Mereka juga terlihat memakan Onigiri (nasi kepal), onigiri adalah nama jurus trademark dari Zoro.
Melihat Mihawk sekarang bercocok tanam, apa ia sudah gantung pedang? XD

Tentu saja belum, ia sebagai yang terkuat masih menunggu seseorang untuk mengambil title-nya suatu hari nanti. Jika ada yang mampu untuk itu...

Selanjutnya, yang belum terlihat adalah Amazon Lily, Kerajaan Kamabakka, dan Rayleigh di Kepulauan Sabaody. Jika kau liburan, mau ke yang mana?

~~ Keluarga Keriting ~~

Sedikit demi sedikit, misteri keluarga ini makin terkuak.

Chapter kali ini kita melihat kemunculan 2 anggota keluarga Vinsmoke!

Yang pertama adalah pria bertudung yang muncul di akhir chapter lalu. Dia ternyata adalah Vinsmoke Yonji, adik dari koki favorit kita – Sanji.

Penampilan Yonji sangat mirip dengan Sanji, melihat bagaimana semua orang di Sunny-go mengira dia adalah Sanji. Apalagi dengan alis keriting yang sepertinya menjadi ciri khas keluarga ini, lengkaplah sudah.

Vinsmoke Yonji punya julukan winch green (kerekan hijau?), entah ini ada hubungan dengan kekuatannya atau tidak. Ia mengenakan kaos yang bertuliskan 66, sabuk yang juga bertuliskan 66, dan juga jubah yeng bertuliskan angka 4.

Anggota keluarga Vinsmoke lainnya adalah seorang wanita bernama Vinsmoke Reiju.

Reiju (レイジュ) – bukan Reige atau Reiji (nama cowok) – adalah kakak perempuan dari Sanji.
Reiju juga memiliki alis melingkar mirip kedua adiknya, hal yang membuat Luffy salah mengira kalau ia adalah Sanji. (hei Luffy, bedakan jenis kelamin mereka XD)
Reiju punya tato angka 6 di kedua pahanya, menggunakan jubah yang lebih mirip dengan sayap kupu-kupu.

Keluarga Vinsmoke memang sepertinya mempunyai ciri khas yang sama, yaitu alis melingkar. Sedang anggota Germa 66 semua terlihat menggunakan sejenis headphone di kepala mereka. Melihat Yonji yang ternyata juga pecinta wanita layaknya Sanji, aku tak akan heran jika seluruh keluarga Vinsmoke ternyata berperilaku serupa. Reiju pun sepertinya akan melakukan hal yang sama jika bertemu lelaki tampan. XD (di Sunny-go cuma ada Luffy yang kena racun – itupun ia “menciumnya” XD)

Judul chapter ini, “0 dan 4” adalah merujuk kepada 2 orang ini. “Rei” dari Reiju berarti Nol, sedangkan “Yon” pada Yonji berarti 4.

“san” pada Sanji berarti 3. Pola penamaan ini semakin jelas setelah melihat undangan pesta teh dimana disana dijelaskan bahwa Sanji adalah Putra/anak laki-laki ke-3 keluarga Vinsmoke. Ingat, Sanji adalah putra ke-3, yang artinya ia memiliki 2 kakak laki-laki. Bukan berarti Sanji adalah anak ke-3, karena bisa saja ia mempunyai kakak perempuan. Reiju buktinya.

Melihat pola penamaan ini, sedikit banyak kita bisa mengambil kesimpulan tentang keluarga Sanji.
0 – Reiju
1 – Ichiji ?
2 – Niji ?
3 – Sanji
4 – Yonji
..

Yonji juga tak pernah dikatakan sebagai anak terakhir, bisa saja mereka masih punya adik yang lain lagi.

Selain kemungkinan diatas, bisa juga penamaan wanita dan pria di keluarga ini dipisah. Reiju, ichiju, niju, sanju, dst pada anak perempuan dan Reiji, ichiji, dst apda anak laki-laki. Tapi kemungkinan ini sangat kecil melihat judul chapter kali ini yang tak membedakan antara laki-laki dengan perempuan.
Lalu pertanyaan yang muncul, mengapa pola penamaan ini dimulai dari 0 bukan 1?
Teoriku berhubungan dengan status keluarga Vinsmoke yang merupakan Keluarga kerajaan.
Mengapa anak pertama mereka diberikan pola penomoran dari 0 mungkin karena Reiju adalah seorang perempuan. Bisa saja dalam keluarga Vinsmoke, sang penerus adalah anak laki-laki. Tapi ternyata anak pertama sang raja adalah perempuan, untuk menyembunyikan hal ini (entah karena malu atau apa), ia memilih untuk menamainya dari 0, sedang kemudian anak kedua yang ternyata laki-laki ia beri nama 1. Hal ini untuk menunjukkan ke orang lain bahwa penerus keluarga Vinsmoke adalah anak pertama.

Atau bisa juga hal ini untuk menyembunyikan fakta bahwa Reiju adalah anak pertama. Sang ayah tak ingin tapuk kepemimpinan keluarga Vinsmoke nantinya dipimpin oleh suami Reiju, yang artinya bukan anak kandung sang pemimpin hingga ia menyembunyikan status Reiju dan memilih menunggu anak laki-lakinya sendiri yang lahir dan menamainya Ichiji (anak pertama) untuk kemudian meneruskan kepemimpinannya suatu hari nanti.

Tentu teori di atas punya banyak kelemahan, karena memang kita belum tahu banyak tentang keluarga ini.

Bisa saja Reiju lahir dari bukan istri resmi sang pemimpin hingga ia diberi nama 0 atau hal lain. Banyak kemungkinan. Tapi apakah pola penamaan aneh ini akan memegang peran penting kedepan, kita masih harus menunggu hal itu untuk beberapa saat lagi...

~~ (Vin)smoke On the Water ~~

Kejutan lain, ternyata selain sebagai penghasut perang, Germa 66 sendiri adalah pasukan petarung dengan teknologi mutakhir. Hal ini yang kemudian membuat Big Mam ingin Germa 66 bergabung dengannya, agar ia juga mendapatkan teknologi tersebut.

Salah satu teknologi yang sudah terlihat adalah sepatu milik Yonji dan Reiju. Sepatu ini bisa membuat penggunanya melayang di udara. Jika ia melayang cukup dekat dengan air, akan terlihat seperti penggunanya berjalan di air – mirip dengan karakter Sora, lawan mereka di komik World Economic Times. Selain itu terlihat ia juga mengenakan sarung tangan yang terlihat modern dan juga headphone yang entah digunakan untuk apa. Mungkin sejenis alat komunikasi yang lebih canggih dari den-den mushi dan digunakan setiap anggota Germa 66.

Teknologi ini sepertinya khusus digunakan oleh Germa 66 dan tak tersedia di pasaran termasuk pasar gelap. Jika ada, tentu Big Mam tak perlu repot-repot menggabungkan dirinya beraliansi dengan keluarga Vinsmoke untuk mendapatkan teknologi tersebut, cukup membelinya saja.

Mendengar kata teknologi terkini, tentu ingatan kita akan mengarah ke Dr. Vegapunk. Apakah dia berhubungan dengan teknologi yang digunakan oleh Germa 66?

Vegapunk sendiri lahir di negeri masa depan, Baldimore, pulau Karakuri di Grand Line. Melihat asal usul keluarga Vinsmoke yang berasal dari North Blue, kecil kemungkinan adanya hubungan darah antara Vegapunk dengan keluarga Vinsmoke.

Tapi hal ini tak menutup kemungkinan bahwa Vegapunk adalah penyuplai teknologi yang digunakan Germa 66. Pemerintah dunia tempat Vegapunk sekarang bernaung terlihat berteman dengan Germa 66 menurut perkataan Reiju di chapter ini. Bukan tak mungkin Germa 66 menjadi tempat Vegapunk untuk mengetes teknologi hasil buatannya. Hingga menjadikan teknologi ini eksklusif hanya dimiliki oleh Germa 66 saja.

Tapi jika semua hal ini benar, apakah Pemerintah akan diam saja melihat Germa akan bergabung dengan salah satu Yonko?

Apapun, yang jelas Sanji bisa dikatakan lebih hebat dari saudara-saudaranya. Disaat Yonji harus menggunakan sebuah alat untuk melayang di udara, Sanji bisa melakukannya tanpa alat apapun dengan jurus Sky Walk. Hebat, ‘kan?

~~ Negara yang Aneh ~~

Diceritakan, Vinsmoke adalah sebuah keluarga kerajaan. Keluarga ini dulu memimpin seluruh North Blue dengan kekuatan mereka. Di suatu masa, nama mereka sama artinya dengan kejahatan. Itulah mengapa cerita Sora menjadikan mereka sebagai musuhnya.

Kini, mereka memang masih keluarga kerajaan. Namun mereka sudah tak memiliki daerah kekuasaan. Sebuah keluarga kerajaan tanpa kerajaan itu sendiri. Tapi mereka tetap diberikan tempat di Reverie – pertemuan para pemimpin dunia.

ANEH. SANGAT ANEH. Semua deskripsi tentang keluarga ini sangatlah aneh.

Apa seluruh daerah kekuasaan mereka di North Blue berhasil memerdekakan diri? Mengapa sekarang mereka sudah tak memiliki kerajaan lagi? Lebih aneh lagi, mengapa mereka – yang merupakan penghasut perang dan tak memiliki kerajaan – masih diberikan tempat di Reverie?

Kata-kata “di suatu masa, nama mereka sama artinya dengan kejahatan” mungkin bisa berarti lebih. Saat ada kata “di suatu masa...” tentu pikiran kita tak jauh-jauh dari void century alias abad kekosongan. Apakah cerita bahwa keluarga Vinsmoke menguasai seluruh North Blue terjadi pada abad kekosongan?

Keluarga Vinsmoke terlihat bukanlah Tenryuubito, jadi mereka kemungkinan besar bukan bagian dari 20 negara pembentuk Pemerintah Dunia.

Pada akhir abad kekosongan 800 tahun lalu, pemerintah dunia terbentuk. Tentu mereka ingin mencakup semuanya dan jadi organisasi nomor wahid di dunia. Tapi jika ada keluarga yang menguasai seluruh North Blue, tentu keluarga ini bisa jadi ancaman serius untuk eksistensi pemerintah dunia itu sendiri. Mungkin karena hal ini Pemerintah Dunia menawarkan kesepakatan pada keluarga Vinsmoke. Mereka mengambil alih North Blue dengan ganti keluarga Vinsmoke akan diberikan tempat dan hak khusus di pemerintahan dunia.

Tentu jika seperti ini, keluarga Vinsmoke akan menyambut dengan senang hati. Mereka mungkin tahu tak akan bisa melawan Pemerintah Dunia yang berhasil mengalahkan Ancient Kingdom, membuat kesepakatan adalah jalan terbaik daripada harus bertarung mati-matian. Mereka sebagai penghasut perang tentu paham akan hal ini. Selain itu, hal ini juga menguntungkan. Mereka kini tak hanya bisa mengatur North Blue, tapi seluruh dunia.

Pemerintah dunia juga tentu akan senang dengan kesepakatan ini. Mereka seperti jadi pembebas negara-negara dari tangan dingin keluarga Vinsmoke dan memberikan negara-negara di North Blue kemerdekaan. Hal ini tentu sangat berpengaruh, membuat negara-negara di North Blue akan tunduk pada Pemerintah Dunia dengan senang hati.

Hak khusus yang diberikan pemerintah dunia terlihat saat bagaimana Ayah Sanji bisa sesuka hati mengatur nilai buruan anaknya, mengubahnya menjadi Only Alive, dan mengirimkan angkatan laut untuk mengejar Sanji 2 tahun yang lalu (yang ternyata adalah Duval). Tak mungkin keluarga biasa bisa melakukan semua ini jika mereka tak memiliki hak khusus. Selain itu mereka tetap diberikan tempat di Reverie, meskipun mereka tak punya tanah kerajaan. Kemungkinan besar sekarang mereka semua ada di laut, di atas siput-siput raksasa, melihat bagaimana di kapal Germa 66 ada istana di atasnya.

Sedikitnya info lagi-lagi membuat teori ini punya banyak kelemahan. Yang paling kentara adalah, kita sebenarnya tidak tahu kapan keluarga ini memerintah seluruh North Blue. Atau mengapa keluarga ini bisa kehilangan seluruh North Blue dari tangan mereka. Sepertinya kita harus menunggu kehadiran sang pemimpin keluarga sebelum mendengar cerita lengkapnya...

~~ Wanita Racun Dunia ~~

Yonji sendiri sebagai seorang petarung terlihat kuat. Ia bisa bergerak menangkis tendangan Reiju meskipun diserang mendadak dan dari belakang. Ia juga sepertinya bukan pemakan buah setan, melihat ia tercebur ke laut dan tak lemas sama sekali. Entah jika kelemahan itu bisa diatasi dengan teknologi canggih milik mereka. Belum diketahui apakah julukannya winch green (kerekan hijau) berhubungan dengan kekuatannya atau tidak.

Yang menarik adalah kekuatan milik Reiju.

Luffy terkena racun yang cara kerjanya unik. Hingga Chopper yang termasuk jenius dalam kedokteran tak bisa mengatasinya. Reiju mampu “menyedot” racun dari tubuh Luffy – menarik racun ke tubuhnya – dan kemudian racun tersebut hilang ternetralisir.

Jadi, apa sebenarnya kekuatan Reiju?

Julukan Reiju adalah Poison pink, jadi ada kemungkinan kekuatannya berhubungan dengan poison (racun).

1. Buah Setan
Biasanya, jika ada hal aneh terjadi di dunia ini, buah setan adalah pelakunya. Mungkinkah kekuatan Reiju berasal dari buah setan?
Tentu bukan buah Doku-Doku (racun) yang sudah dimakan Magellan, atau hormon penyembuh (Horu-Horu) yang dimakan Ivankov. Lalu kira-kira, buah setan apa?
Sebelum Reiju mengambil racun dari tubuh Luffy, Reiju mengatakan “itadakimasu” yang bisa diartikan “selamat makan”. Melihat bentuk jubahnya mirip dengan kupu-kupu atau sejenis ngengat, ada kemungkinan ia adalah Zoan.
Ternyata memang ada kupu-kupu yang kerjaannya memakan racun untuk pertahanan diri. Kupu-kupu Raja (Monarch butterfly) di Jepang dikenal dengan nama Okabamadara. Bukan tak mungkin Oda menggunakan kupu-kupu ini sebagai kekuatan Reiju. Karena jika kita perhatikan memang sayap kupu-kupu raja mirip dengan jubah milik Reiju.
Jika bukan Okabamadara, mungkin kupu-kupu atau ngengat lain. Selain itu mungkin buah setan antitoxic yang aku rasa punya sedikit kemungkinan untuk digunakan oleh Oda.

2. Teknologi
Melihat keluarga ini punya teknologi canggih untuk bertarung, bukan tak mungkin mereka juga punya teknologi canggih untuk menetralkan racun. Jika teknologi yang dimiliki benar-benar canggih, tentu mereka akan membuat sistem kekebalan tubuh agar tak dikalahkan musuh dengan racun, kan?
Teknologi ini mungkin sudah ditanamkan ke tubuh penggunanya bersama dengan sistem pertahanan tubuh yang lain.

3. Kebiasaan
Keluarga ini adalah keluarga petarung, juga penghasut perang. Tentu persiapan diri untuk pertahanan adalah hal wajib. Mungkin saja tubuh mereka sudah dilatih sedari kecil untuk menerima serangan berbagai macam racun, hingga pada saat mereka dewasa segala jenis racun bisa dinetralisir oleh tubuh mereka dengan mudah.

Hal ini adalah salah satu kemungkinan dalam dunia One Piece yang penuh dengan keanehan.
Menurut kalian, apa kekuatan Reiju?

~~ Dua Sisi Koin ~~

Keluarga Vinsmoke mengikuti Reverie, jadi keberadaan mereka diketahui seluruh negara di dunia. Sedangkan organisasi Germa 66 dianggap mitos oleh orang-orang di dunia. Jadi sepertinya, dunia tak mempunyai pengetahuan bahwa orang yang berada dibalik organisasi Germa 66 yang benar-benar ada adalah keluarga Vinsmoke.

Bagaimana bisa sebuah keluarga pemimpin organisasi kriminal penghasut perang punya kendali begitu besar dalam pemerintahan dunia?

Ayah Sanji mampu mengirimkan angkatan laut untuk mencari Sanji 2 tahun lalu (yang ternyata adalah Duval XD), selain itu ia juga mampu merubah nilai dan status buruan anaknya tersebut. Sebesar apa pengaruh keluarga Vinsmoke di pemerintahan?

Apakah Pemerintah Dunia tak mengetahui kejahatan keluarga Vinsmoke dan Germa 66, atau mereka pura-pura tidak tahu?

Melihat begitu eratnya hubungan 2 organisasi ini, tentu membuat kita berpikir bisa saja mereka adalah satu entitas yang sama.

Bisa saja Germa 66 ini adalah organisasi bentukan pemerintah dunia itu sendiri, yang kemudian kepemimpinannya diserahkan pada keluarga Vinsmoke. Untuk apa? Tentu untuk memperluas pengaruh pemerintahan hingga di dunia bawah (underworld). Dunia seperti pasar gelap yang tak bisa dicapai pemerintah dunia melalui jalur biasa.

Selain itu pemerintah bisa menggunakan Germa 66 untuk menghasut perang 2 buah negara. Tentu perang yang diinginkan pemerintah dunia dengan harapan mereka mendapatkan sesuatu. Atau sekedar perang untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari sesuatu yang diinginkan pemerintah dunia.

Atau untuk membuat peperangan palsu, antara pemerintah melawan Germa 66. Hal yang dilakukan untuk memperlihatkan pada dunia bahwa pemerintah dengan angkatan lautnya bisa diandalkan dan tak akan kalah dari kejahatan.

Jika kuteruskan, teori konspirasi ini tak akan pernah selesai. Yang jelas, disana ada kemungkinan bahwa Pemerintah Dunia dan Germa 66 adalah 2 sisi dari koin yang sama.

Atau bisa juga, mereka hanya 2 organisasi yang bekerja sama untuk keuntungan satu sama lain...

Atau ayah Sanji adalah salah satu Gorosei...

Atau.... Atau...

~~ Bantuan Matahari ~~

Untung saja Yonji dan Reiju tak akan melaporkan Luffy dkk pada Big Mam agar pernikahan Sanji lancar.

Rencana penyusupan Luffy benar-benar kacau, belum apa-apa mereka sudah ketahuan. XD
Tak hanya kapal Germa 66, ternyata ada 1 orang lagi yang mengatahui kedatangan topi jerami di perairan kekuasaan Big Mam. Dan orang itu adalah Aladdin – Dokter kapal Bajak Laut Matahari. Tentu saja Aladdin melaporkan hal ini pada bosnya yang tak lain tak bukan adalah Jinbe.

Jinbe dan Bajak laut matahari sepertinya sedang ada di pulau Whole Cake, untuk menghadiri pesta teh.

Apa yang kemudian akan dilakukan oleh Jinbe setelah mengatahui kehadiran Luffy?

Satu yang jelas – Jinbe akan berada di pihak Luffy, bukan Big Mam. Ia tak akan pernah mengkhianati sang penyelamat pulaunya itu.

Jinbe juga orang yang pintar. Ia tentu tahu jika Luffy membuat keributan, mereka akan dibantai oleh pasukan Big Mam yang sedang berkumpul untuk pesta teh.

Jinbe kemungkinan akan meminta Luffy balik arah dan menyerahkan penjemputan Sanji pada Bajak Laut Matahari (yang kemungkinan akan ditolak Luffy) atau Jinbe akan memberikan jalan pada Luffy agar tak ketahuan saat menjemput Sanji.

Tapi sekali membantu Luffy, tak ada kata kembali untuk Jinbe. Sekali ia berkhianat pada Big Mam, mereka akan jadi incaran Sang Yonko. Jadi Jinbe harus memikirkan perbuatannya matang-matang.
Jika kemudian ia berkhianat pada Big Mam, pulau manusia ikan akan terancam. Memang Neptune dan Jinbe sudah berencana mengganti bendera disana dengan bendera Topi Jerami. Tapi bendera itu belum cukup kuat untuk digunakan sebagai pelindung pada saat ini.

Kalau mereka tetap berkhianat, membantu Luffy mengambil kembali Sanji, kemungkinan besar pulau manusia ikan tak akan berada dibawah perlindungan Big Mam lagi. Topi Jerami yang akan jadi pelindungnya. Dengan begitu para anggota bajak laut Matahari bisa kembali ke kampung halaman mereka.

Jika sudah begitu lengkaplah sudah, Jinbe bisa ikut berpetualang bersama Luffy menjadi Kru terbaru di Sunny-go. Ataukah kalian hanya ingin melihat Jinbe beserta Bajak Laut matahari menjadi anggota armada bajak laut Topi Jerami divisi ke-8?

Sekian dulu review kali ini.


Secara keseluruhan, chapter kali ini benar-benar segar. Karakter baru, pengetahuan baru, misteri baru, semuanya baru. 

Sedikit prediksi chapter depan, mungkin kita akan melihat Jinbe mengatur siasat untuk membantu Luffy.

Review kali ini adalah hasil diskusiku dengan admin OPFCI yang lain (DF, DM, Calgara, Hashimoto, Andre, dll) dan juga sebagian dari Secret chapter milik Arthur di OJ.

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~


Salam alis keriting~~ 66

*Review by oikgerd*

Thanks to: Mangastream, APforums, Oro Jackson, Wikia, Arthur, admin-admin OPFCI, Bejitsu
Gambar Fanart Reiju berwarna milik: Bejitsu di Devianart







 

 Sumber: https://www.facebook.com/opfci.shinsekai/posts/1235066326527011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>