Senin, 09 Mei 2016

Ulasan One Piece Chapter 825

Hesoo…

Well. Sebelumnya maaf nih agak telat, padahal chapternya sudah dari awal pekan XD. Maklum kebawa suasana long weekend.

Oke. Chapter yang sebetulnya tidak bisa dikatakan wah banget. Meskipun chapter baru tetap selalu layak dinantikan XD. Wajar kita masih masuk dalam opening arc baru. Sebuah proses, bahwa kita tidak akan pernah bisa langsung menaiki puncak tangga tanpa melewati anak tangga pertama.

Sabar…

By the way, Sanji benar-benar diperlakukan layaknya pangeran yang tamvan, 180 derajat berbanding terbalik dengan Caesar XD. Oke, kita mulai.

1. World Economic Times (WE Times)


Jujur, aku sangat terpukau bahwa Odachi memasukan hal kecil yang terasa kental dengan kita XD. Kisah potongan komik (comic strip) Germa yang di muat dalam WE Times, seperti cerita komik-komik yang dimuat di Shonen Jump, Shonen Magazines, dan sebagainya.

Memang konsep pasti tentang WE Times belum jelas. Tapi tak ada salahnya menerka sedikit XD. Nah, selama ini kita sama-sama tahu, hanya “News Coo” yang sering dipublish di One Piece. News Coo adalah korannya One Piece, tempat di mana banyak isu yang dimuat, baik secara lokal maupun global. Baik itu masalah politik, kriminalitas, isu panas baru, dll. Yang baru-baru ini seperti jatuhnya tirani Doflamingo dan kasus Baltigo. Sifatnya mungkin adalah Daily, terbit harian karena biasanya koran selalu begitu. Lalu bagaimana dengan WE Times??

Catatan Odachi tentang media ini ialah “World Economic”. Ekonomi Dunia. Lebih spesifik dengan pembahasan bursa saham, masalah ekonomi global, exim, investasi, kondisi pasar global. Intinya pembahasan dalam skala ekonomi. Di Amerika kita mungkin kenal New York Times, namanya agak nyerempet dikit LOL. Di Indonesia ada koran Daily Investor, Kompas dll. Aku tidak tahu kalo di Jepang apa, karena memang kita berbeda budaya. Tapi aku yakin di Jepang pasti ada, maka dari itu dijadikan referensi.

Jadi We Times ini apa? Jika dikerucutkan, maka spesifikasinya hanya ekonomi artinya WE Times hanya membahas satu masalah/isu. Jenis media yang membahas masalah spesifik bukan disebut koran atau majalah. Tapi lebih dikenal dengan nama “Buletin”, karena ditunjukan pada khalayak yang lebih sempit (dalam kasus ini berarti para ekonom). Dan biasanya publikasi sebuah buletin diangkat oleh sebuah organisasi.

2. Comic Strip


Well, comic strip bisa terbit harian, mingguan atau bulanan tergantung dimana terbitnya. Pengertian comic strip sendiri menurut Ohio State University Cartoon Research Library adalah gambar atau deretan gambar yang bercerita. Di Indonesia comic strip terbit tahun 1930 dengan menggambarkan Kho Wang Gie di surat kabar Sin Po. Terlalu luas jika dijabarkan. Di era modern sekarang, “Si Juki” adalah salah satu contoh comic strip di indonesia.

Sederhananya, comic strip berbeda dengan comic biasa. Comic strip biasanya hanya terususun dalam beberapa panel dalam 1 halaman dengan urutan cerita. Memang ada juga comic strip yang ceritanya bersambung, tidak langsung selesai. Kalo kalian suka baca Kompas, di situ kadang ada cerita comic strip yang bersambung. Kompas salah satu media yang konsisten dalam menerbitkan comic strip. Kira-kita begitu pemahaman yang bisa aku jabarkan.

Pertanyaannya, kenapa harus memunculkan comic strip dalam sebuah buletin ekonomi? Tentu ada alasan.

Coba kita bahas di point berikutnya.

3. Kisah Pahlawan


Kenapa harus ada kisah pahlawan laut yang membasmi tentara iblis, Germa?
Vito menjelaskan bahwa kisah Germa ada di WE Times dengan tujuan mengambarkan kepahlawanan Angkatan Laut. Terutama untuk anak-anak yang mampu menyerap lebih baik agar bisa mengidolakan Angkatan Laut.

Apa cuma karena alasan mencuci otak anak-anak saja?

Jika Germa mengacau di suatu negara, sudah pasti kekacauan akibat perang akan menyebabkan sebuah ekonomi negara akan unstable. Kalo ada pihak yang memeranginya, maka banyak orang pasti menganggap pahlawan laut mencoba membantu perekonomian negeri tersebut dengan caranya. Ini mungkin akan jadi pola pikir orang dewasa ketika mereka membaca cerita pada buletin itu.

Tapi kenapa harus mencuci otak anak-anak? Dari kecil bahkan kita sudah diajarkan polisi itu baik, pencuri itu jahat. Bukan hanya dari orang tua bahkan mungkin guru kita.

Angkatan laut tidak perlu melakukan hal kotor untuk mencuci otak anak-anak. Karena ideologi tentang yang jahat dan yang baik akan tumbuh dari ajaran orang tua mereka sendiri.

Jawabannya, itu mungkin tidak terjadi? Ada ideologi lain yang muncul pada masa itu sehingga Angkatan Laut harus melakukan “Brainstroming” anak-anak kala itu.

Pengetahuan Nami yang menyatakan, bukankah Germa hanya mitos. Itu bukan asal ngomong. Itu sudah membuktikan dulu Germa eksis dan menyebarkan sebuah ideologi pada dunia, tapi sekarang mereka hilang. Mungkin hilang seiring munculnya kisah pada comic strip yang seolah mengkambing-hitamkan mereka.

Menurut pendapatku, pada intinya comic strip ini hanya sebuah propaganda untuk memberi kesan “pahlawan” bagi Sora dari Angkatan Laut, dan memberi label “penjahat” pada Germa. Ya, seperti yang dibilang Vito. Anak-anak akan mengidolakan Angkatan Laut. Dan itu akan mengakar sampai anak cucu mereka di era sekarang.

4. Antagonis & Protagonis


Media memang alat propaganda yang paling bahaya. Apalagi muncul pada sebuah komik yang memang digemari anak-anak. Anak-anak mampu menyerap lebih baik apalagi dari sebuah gambar. Paradigma baru akan terbentuk tentang siapa yang jahat dan siapa yang baik. Germa sebagai tokoh antagonis dan Angkatan Laut sebagai tokoh protagonis.

Oh ya, apakah kalian pernah menganggap Kelompok Topi Jerami itu jahat?

Bajak Laut Topi Jerami adalah yang baik dan Angkatan Laut yang jahat kan, begitu kan paradigma di One Piece LOL.

Antagonis dan protagonis, sebetulnya tidak bisa ditentukan hanya dari sebuah profesi XD.

Aku lebih berpikir, bukan siapa mereka? Tapi apa yang mereka lakukan. Kemeja dan jas yang rapi, rambut klimis, kacamata yang keren, sepatu bagus, dasi yang menjuntai tidak bisa mengatakan mereka telah mengerjakan hal baik XD.

5. Sora dan Germa


Sekarang kita sedang dilantunkan sebuah cerita. Ingat kita sudah pernah merasakan ini? Bukankah sebelum kita masuk ke Arc Skypiea, kita juga dilantunkan dengan sebuah kisah. “Norland si Pembohong & Kota Emas”. Ini pola yang sama XD.

Kemudian kita diperlihatkan kisah nyata sang Norland dan kota emas Shandora.

Jika kita tahu tokoh Germa memang benar-benar ada, jangan kaget kalo nanti kita melihat sosok Sora yang asli yang bisa berjalan di atas air dengan ditemani robot dan burung camarnya. Yang melawan tentara iblis, Germa XD. Dalam sebuah Flashback tentunya LOL.

Tidak usah terburu-buru memikirkan siapa sosok Sora ini. Kita bahas dulu soal kisahnya.
Germa itu jahat dan Angkatan Laut itu pahlawan. Kira-kira comic strip menggambarkannya seperti itu.

Tapi kenapa kedua organisasi ini yang harus diceritakan? Kenapa bukan tokoh lain dan kenapa tokoh antagonis diambil dari tokoh yang benar-benar ada? Seolah-olah mereka ada keterikatan.

Yang jelas ini bukan cerita fantasy. Karena Germa ada, seharusnya tokoh Sora juga harus ada.

Well, siapa Sora? Jelas dia berasal dari pihak pemerintah. Jubah Sora dalam visualisasi Vito memakai jubah dengan simbol gabungan pemerintah dunia dan Angkatan Laut. Burung camar sebagai peliharaannya pun adalah lambang Angkatan Laut. Dulu kita tahu Sengoku sering menggunakan topi dengan burung camar diatas topinya. Tapi aku rasa Sora bukan Sengoku XD. Aku rasa itu cuma rasa apresiasi AL kepada Sora yang dikisahkan sebagai seorang pahlawan dari kalangan prajurit mereka. Ciri khas Sora dijadikan lambang topi bagi pemimpin tertinggi Angkatan Laut.

Well. Di Angkatan Laut sebenarnya ada yang dijuluki pahlawan Angkatan Laut, yaitu Monkey D. Garp XD. Aku sih tidak yakin kalo Sora adalah dia LOL. Meskipun kemungkinan selalu ada. Memang sih Garp mati-matian memberikan pemahaman kepada Luffy dan Ace kecil untuk jadi Angkatan Laut, untuk menjadi tokoh yang baik XD. Seperti tujuan Comic Strip yang dituangkan dalam gambarnya. Agar anak-anak menjadikan Angkatan Laut sebagai idola!

6. Dunia Fantasi


Ketika menyaksikan panel Sanji yang ingin masuk ke dalam kamar dan perlu mengetuk sambil berkata “Buka”. Itu adegan yang mirip kan dengan adegan di Harry Potter. Ketika anggota Griffindor mau masuk ke camp mereka. Mereka harus mengatakan “Fortuna Major!” Barulah lukisan nyonya gemuk itu terbuka XD. Nyonya gemuk kadang bernyanyi seriosa, dan pintu kamar itu pun bernyanyi XD. Hampir sama.

Kapal yang bernyanyi, dan pintu yang terbuka sambil bernyanyi. Bahkan di meja ada teko yang memunculkan mata. Mereka semua hidup?

Kita seperti masuk dalam dunia khayal. Ini sebuah fantasi XD. Ini cocok bagi Sanji yang memang suka berfantasi LOL.

Well, ketika semua yang tidak masuk akal muncul di cerita One Piece. Jawabannya cuma satu…

“Itu berasal dari kekuatan buah iblis”

Jadi mungkin salah seorang nakama Big Mom memiliki kemampuan memberikan jiwa pada benda mati. Atau kalau bukan, ya sekedar menukar jiwa.

Aku mungkin lebih memilih dengan kemampuan memberi jiwa. Itu kenapa kapal hanya bersuara “kapal”. Dan pintu hanya berkata “pintu”. Tidak heran kalo nanti saat tiba di markas Big Mom semua benda di sana hidup.

7. Lola Atau..?


Kecil kemungkinannya itu Lola. Kapten bajak laut Rolling, wanita yang telah ditolak sebanyak 4444 kali oleh para pria, hitungan itu termasuk Luffy yang pernah menolaknya XD. Tapi belum termasuk tolakan Sanji, Zoro, Usopp, Chopper dan Franky ya.

Jika itu Lola, kenapa ekspresi saat melihat Sanji terlalu biasa. Bajak laut topi Jerami adalah pahlawan mereka dan Sanji termasuk di dalamnya. Aneh jika dia tidak basa basi setelah 2 tahun tidak bertemu pahlawannya. Malah dia terkesan dingin.

Kalo Sanji lupa-lupa ingat wajar, tapi kalo Lola bersikap acuh dengan penyelamatnya. Itu adalah hal memuakan bagiku.

Jadi dia siapa? Opsinya cuma ada dua. Dia adalah ibunya atau saudari Lola.

Jika dia adalah ibunya, maka wanita itu adalah orang yang dimaksud oleh Lola. Mungkin dia bisa jadi kunci pembantu untuk menyelamatkan Sanji, jika nanti wanita itu bertemu dengan Nami. Nami pasti bilang, eh Lola lama tidak bertemu? LOL. Dan wanita itu akan jawab, kau kenal dengan Lola?? XD.

Namun jika hanya saudara, masih ada kemungkinan Big Mom itu sendiri ibunya Lola. Karena apa? Karena wanita itu mengenakan motif pakaian yang sama dengan Purin. Jika untuk pesta pernikahan biasanya kolega atau saudara akan menggenakan pakaian yang sama untuk mencirikan “mereka adalah keluarga mempelai”.

Asumsi yang mendekati memang wanita itu adalah anak Big Mom juga, tapi bukan Lola melainkan hanya mirip. (Dengan kata lain saudara kembarnya).

Well. Wanita itu mengatakan tentang dari mana Sanji dan apa yang akan terjadi pada “Father “jika Gotti sampai mengusiknya. Father adalah sebutan dari para nakamanya Capone. Sederhananya, Capone dipanggil oleh anak buahnya denan sebutan “Father”. Jika wanita itu memanggil Father dan Goti adalah anak buah Capone. Maka seperti mereka berdua adalah anak buah Capone.

Atau mereka memiliki sebuah hubungan?

Duval tamvan bilang. Goti memanggil wanita itu dengan kata (okamisan). Itu bisa panggilan ke istri (bahasa meninggikan). Okamisan bisa berarti nyonya, madam dan sejenisnya. Dan ada adegan dimana Goti merinding sampai harus dijewer. Jika tidak ada hubungan spesial, mimiknya tidak perlu seperti itu. Itu seperti Goti sangat takut atau istilahnya STI (suami takut istri) XD.

Jadi bagaimana kalo hubungan mereka benar suami dan istri. Goti kru Capone menikah dengan wanita (mirip Lola) yang merupakan anaknya Big Mom.

Odachi memberikan gambaran kalau Sanji menikah ya akan seperti Goti dan wanita itu. Dengan kata lain, itulah yang namanya pernikahan politik.

8. Mancing Mania


Kembali ke teman-teman kita. Sebenarnya timeline agak bikin bingung XD. Tapi kita kesampingkan itu dulu. Mungkin nanti kita akan bisa mendapatkan waktu yang lebih jelas ketika Sanji telah berlabuh di Whole Cake Island.

Well. Kesalahan membiarkan Luffy memasak menjadi sangat fatal LOL. Mereka sangat kelaparan. Beberapa hari kemudian setelah mereka keracunan makanan Luffy, mereka belum makan sama sekali. Untungnya ini lautan, di mana kail dan jaring bisa menghidupi mereka LOL.

Namun, ini Shin Sekai! Di mana iklim lautan bahkan benar-benar gila. Panas terik membuat laut bahkan mendidih. Panas, panas sekali! Bahkan ikan apa yang bisa bertahan dalam suhu sepanas itu. Hampir bisa dipastikan tidak ada.

Untungnya, Luffy memang diberkahi keberuntungan tingkat tinggi XD. Dari 4 kail yang mencoba memancing, hanya kail Luffy yang digigit oleh ikan. Bahkan ukurannya cukup besar. Bisa menjadi pengganti bahan makanan sampai mereka benar-benar tiba di Whole Cake Island.

Yang paling tidak itu cukup, daripada kekurangan sama sekali XD.

9. Keracunan


Sebelum memakan ikan yang ditangkap, Chopper sudah bilang kalo perasaannya mengatakan warna kulit ikan itu agak aneh LOL.

Untungnya Sanji memiliki ensiklopedia tentang ikan dan meninggalkan catatan tentang ikan jenis ini. Kulitnya beracun dan tidak bisa dimakan. Jika memang ikan ini bisa hidup di perairan yang suhunya panas, sudah pasti kulit ikan ini beradapatasi dengan kondisi air sekitar agar bisa bertahan hidup.

Well. Tapi Luffy ya Luffy. Karena sudah kelaparan juga dia malah langsung memakan kulitnya.

Bahkan itu belum dimasak juga LOL. Ya, itulah kapten kita.

Oke. Si Luffy keracunan dan hampir mati. Tapi imun tubuh Luffy sudah beregenerasi sejak menerima racun dari Magellan. Sehingga racun yang seharusnya bisa membunuh Luffy seketika saat memakan kulit ikan, hanya menyebabkan Luffy hampir mati. Hampir…. LOL

Bahkan cahaya yang dilihat Luffy begitu indah. Persepsi yang muncul untuk menggambarkan ajal mulai menjemput LOL.

Chopper bilang persedian obatnya mulai habis? Apa karena habis untuk mengobati suku mink dan Zunisha. Oh ya, saat di Zou memang masalah utama selain luka adalah gas beracun.

10. Kebiasaan Mereka


Oke. Hal-hal yang tak bisa lepas dari pandanganku adalah tingkah pola dan interaksi mereka.

Chopper tentu adalah orang yang paling gelisah ketika melewati cuaca yang begitu panas. Karena memang dia tidak tahan dengan iklim panas. Tapi ketika, Chopper tahu ada salju kapas. Dia tidak berhenti memakannya XD. Jelas juga, salju yang kemarin itu salju biasa. Pertanyaanku terjawab. Saat itu mereka masih jauh dari wilayah teritori.

Luffy yang melirik Chopper saat tak kunjung dapat ikan, seolah Chopper itu daging panggang. Masih ingat kenapa Sanji dan Luffy mengejar-ngejar Chopper di Kastil Drum. Karena Chopper adalah rusa super dengan 7 perubahan dan sebagai cadangan bahan makanan LOL.

Brook berpikir dengan panas seperti ini bisa membuatnya menjadi mumi. Meskipun pada akhirnya fokusnya tetap pada celana dalam Nami. Sampai mati pun Brook tak akan mendapatkannya. Eh dia memang sudah mati XD. Dan ternyata panas berlebihan juga mempengaruhi kekuatan Nami. Biasanya Brook pasti langsung dihajar XD.

Sanji memang tidak ada. Tapi ternyata Sanji mempunyai kebiasaan buruk. Mengoleksi majalah dewasa. Satu majalah yang terlempar tulisannya “play…”. Tidak jelas aku lihatnya, tapi mungkin itu plesetan dari majalah “playboy”. Fuck, Sanji pasti selalu berfantasi tiap malam LOL. Ternyata ada juga yang seperti ini, dari distributor mana dia mendapatkannya ya….XD

Well. Fakta mink lagi. Kita juga diperlihatkan bahwa mink juga tidak tahan panas. Wajar kan ketika mereka yang berbulu tebal justru tidak suka dengan cuaca panas. Bulu mereka lebih ampuh jika digunakan pada cuaca yang dingin. Kalo tidak salah di Wano juga sedang musim dingin kan ya?
Pedro, terus menerus memanggil Luffy dengan nama. Biasanya orang yang baru kenal dengan Luffy, memanggilnya dengan julukan “mugiwara”. Bahkan Franky saat baru gabung, masih beberapa kali memanggil kaptennya dengan nama julukan bukan dengan nama aslinya. Ini seperti menandakan mereka berdua sudah akrab. Bahkan di Jepang, memanggil nama tanpa embel-embel san/kun dan sejenisnya tidak sopan kan?

Oh ya Pekoms. Aku tak mau mengomentarinya. Tapi aku mulai suka sekarang dengan dia XD.

11. Penjaga Teritori


Sea Slug adalah sebuah ikan yang terlihat seperti ikan pari XD. Di bagian belakang ikan ini ada seperti sebuah part yang memancarkan gelombang. Mungkin seperti teknologi sonar. Cara kerjanya bisa tersinkron dengan Denden Mushi. Gelombang yang dipancarkan bisa ditangkap sebagai sinyal oleh Denden Mushi.

Nah! Jika Big Mom menerapkan hal semacam ini di sekitar teritorinya, maka tidak menutup kemungkinan Yonko yang lain juga menggunakannya. Maka team Zoro, Kinemon dan Law belum tentu bisa menyusup ke Wano kuni dengan mudah, meskipun dengan sebuah kapal selam. Karena Sea Slug adalah teknologi Sonar di One Piece.

Aku berharap yonko yang lain menggunakan konsep hewan yang beda untuk menjaga perbatasannya XD. Sama juga nggapapa sih sebenarnya.

Well. Alat komunikasi dengan Denden Mushi. Teknologi sonar dengan Sea Slug.

One Piece punya teknologi yang luar biasa, tapi dimunculkan dengan sebuah kesederhanaan dan begitu natural. XD

12. Another Curly


Tentu itu memang bukan Sanji. Pola alis lingkar mata kiri Sanji terbalik dengan yang muncul. Siapa dia ya?

Karena masih seumuran bisa kita simpulkan dia adalah salah satu saudara Sanji. By the way, masih muda? Dan sama kerennya dengan Sanji XD.

Sanji tidak disebutkan sebagai anak bungsu. Hanya anak ketiga Vinsmock. Anak ketiga bukan berarti bungsu, bisa saja Sanji masih punya adik kan. Karena jika berpikir yang muncul adalah sang kakak. Harusnya kita melihat desain tampilannya sedikit lebih dewasa lagi XD.

Lalu apa tujuannya? Ketika Pekoms dengan PD-nya mengatakan akan melakukan prosedur dan protokol rutin. Itu artinya dia sudah biasa membawa kapal non anggota bajak laut Big Mom masuk ke wilayah teritori. Karena kalo kapal anggota Big Mom tidak perlu ada protokol seperti di chapter lalu.
Dengan kata lain kemungkinan armada yang akan datang adalah anggota bajak laut Big Mom yang lain. Ya, seperti yang Pekoms bilang. Kapal scouting lah yang diperkirakannya datang. Tapi ini justru kapal Germa dan seorang Vinsmock yang menghampiri mereka. Bahkan Pekom kaget luar biasa, di luar kebiasaan prosedural umum.

Kenapa harus repot-repot menghampiri Sunny Go yang baru saja masuk wilayah Tertitori Big Mom. Mustahil kalo hanya untuk melihat sexy-nya Nami LOL.

Kedatangan Kelompok Topi Jerami adalah hal yang pasti telah diperhitungkan. Kita tahu Luffy saja rela menerobos pulau pengadilan hanya demi seorang Robin.

Anggap saja sekarang kedatangan Germa adalah untuk menghalangi mereka, karena Luffy pasti memang datang untuk mengacaukan pernikahan tersebut. Padahal rencana awal Luffy adalah menyusup!

Menyusup? Baru masuk teritori saja sudah ketahuan LOL.

Jadi…

Akankah terjadi sebuah pertarungan atau hanya sebuah negosiasi. Menarik untuk ditunggu.
Sialnya Luffy sendiri masih belum sadar. Bahkan Pekoms menunjukan rasa was-was. Seorang Vinsmock bahkan bisa mengitimidasi kru Yonko. Serem juga kayanya kekuatan Vinsmock nih..
Well. Kapal Germa terlihat seperti siput. Entahlah apa hanya hiasan siput atau memang itu siput asli LOL. Dalam One Piece kita lebih mengenal siput dengan sebutan Denden Mushi. Sebuah alat komunikasi XD.

Jadi apakah kapal itu bisa digunakan sebagai alat komunikasi?

13. Sekilas Germa


Menarik membahas soal organisasi yang baru muncul ini. Konsistensi mereka yang selama ini tidak terekspos banyak, tapi mampu memberikan tekanan kepada pihak pemerintah. Sampai sebuah poster bisa dirubah statusnya menjadi “Only Alive”.

Kekuatan apa yang dimiliki Germa? Bahkan aku yakin gabungan para Yonko sekalipun tak akan memberikan ancaman berarti sampai bisa merubah sebuah status. Pemerintah tidak pernah takut dengan sebuah ancaman kekuatan. Sudah bisa lihat sendiri perang Marineford. Gabungan aliansi Kelompok Shirohige sama sekali tak membuat pemerintah gentar untuk menghadapinya.

Ancaman yang ditakuti pemerintah bukan ancaman terkait kekuatan tempur, melainkan ancaman yang bisa menyudutkan mereka dari segi “kepercayaan”. Seperti apa yang dilakukan Doflamingo, jika dunia sampai tahu apa yang dimiliki pemerintah di Mariejoa, dunia bisa kehilangan kepercayaan. Yang artinya paling tidak Germa memiliki sebuah “Kartu AS” yang bisa juga membuat kepercayaan dunia hilang pada mereka jika sampai bocor XD.

Ada sedikit referensi yang mungkin cocok untuk menjelaskannya.

Apakah ada yang tahu tentang Blackwater? Sebuah organisasi tentara bayaran Amerika yang bermarkas di North Carolina yang didirikan oleh Erick Prince. Meskipun pada awalnya Blueprint Blackwater diprakasai oleh Al Clark dari tim 8 SEAL. Tim itu adalah bagian dari Angkatan Laut Amerika. Dengan tujuan awal adalah membuat fasilitas latihan menembak untuk tim Navy AS, karena dulu mereka selalu meminjam kepunyaan Marinir darat untuk berlatih.

Gimana? Bisa sedikit membayangkan hubungan Germa dan Angkatan Laut XD

Teori sederhanaku, Vinsmock dan Sora adalah prajurit AL yang membentuk Germa sebagai pusat pengembangan pelatihan AL. Tapi Germa tumbuh menjadi organisasi yang luar biasa ditangan Vinsmock. Germa jadi lebih populer dan diidolakan orang-orang, tapi mereka memiliki ideologi yang gila. Untuk mengembalikan muka AL karena mereka malah menciptakan organisasi yang berbahaya, mereka menciptakan cerita kepahlawan Sora melawan Germa melalui comic strip. Sambil membereskan Germa yang sebenarnya. Germa 66 yang sekarang adalah sisa-sisa organisasi Germa yang masih bertahan meskipun sudah dikalahkan AL. Mereka yang sekarang hanya bermain di ranah Underworld. Lebih bebas dan tanpa ikatan.

“Kenapa kami ada? Itu karena kalian? Keberadaan kami adalah aib kalian? Jika dunia mengetahuinya!! Kalian akan kehilangan muka untuk menghadapinya!”

Mereka punya kekuatan untuk mengintimidasi pemerintah agar status sebuah poster buronan bisa berubah. Pemerintah tentu tak mau kehilangan kepercayaan dunia.

Ada juga teori yang beredar bahwa organisasi ini yang menghasut perang 900 tahun lalu antara 20 kerajaan vs Ancient Kingdom. Karena Germa dikenal dengan penghasut perang. Aku tidak terlalu sepakat sih, meskipun masih masuk logika.

Karena bagiku, Germa tidak mendapatkan keuntungan apa-apa saat ini dari dunia. Tujuan dari menghasutnya tidak aku dapatkan. Menghasut tapi tidak mendapatkan sebuah benefit, seperti seorang psiko dengan tujuan kepuasan semata. Terkecuali salah satu Gorosai adalah Vinsmock.

Pada intinya, bukan mereka yang memimpin dunia. Bukan keturunan mereka yang disanjung dan dihormati sebagai Tenryubitoo.

Kalo seperti ini pun, ideologi tentara Revolusioner jadi rusak. Mereka berjuang melawan musuh yang bahkan pemerintah cuma dihasut oleh Germa. Pemerintah pun seharusnya tak perlu takut kalo mereka cuma kehasut. Tidak perlu menutupi segala hal yang akan menguak terbongkarnya rahasia 100 tahun yang hilang. Seharusnya yang diperangi Revolusioner adalah Germa. Aneh jika Germa tidak terendus sama sekali selama ini, apalagi mereka ambil bagian dalam lahirnya sejarah dunia. Jadi, menurutku Kisah Germa terjadi beberapa dekade silam 30, 40, atau 50 tahun silam, bukan ratusan tahun lalu.

Zaman di mana sebelum Roger membuka era bajak Laut.

Ya, tentu kita masih harus menunggu kisah sebenarnya. Karena teori tidak serta merta adalah kebenaran. Karena ini hanya sekedar prediksi tidak pasti XD.

__

Overall. Chapter masih terlalu datar. Yang menarik memang hanya kisah Germa dan Sora. Selain itu, paling tentang Sanji yang menekankan bahwa tidak akan ada pernikahan. Pesona Purin memang menyilaukan, tapi dia tetap fokus hanya untuk menyelesaikan masa lalunya. Good job Sanji. Jika dia bilang akan kembali, pasti dia kembali kok XD.

Sebuah pertemuan selalu menjadi “kotak hitam”, kita tidak bisa menerka apa-apa. Pertemuan dengan saudara Sanji mungkin bisa membawa teman-teman kita ke arah lebih baik. Atau malah menimbulkan masalah yang lebih buruk lagi LOL.

Oh ya. Karena Tamago kelihatannya juga baru akan tiba bersama dengan Sanji. Itu artinya kotak Tamatebako masih belum tiba ke tangan Big Mom kan? Lebih baik kotak itu meledak dikapal saja deh XD.

Oke. Cukup dulu ya. Dan karena edisi depan One Piece libur. Jadi kayanya kita harus menahan nafas agak lama ^^

Jumpa lagi di lain kesempatan. Terima kasih sudah menunggu.

Hesoo.

Ulasan One Piece Chapter 825 by Lucy


Sumber: http://onepieceindonesia.com/review/lucy/ulasan-one-piece-chapter-825/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>