Minggu, 24 April 2016

Kinemon Nakama Theory

Dear Nakama..

Bagiku hal yang paling menarik dari One Piece adalah kekonsitenan Pak Oda pada jalan cerita yang telah dibuatnya. Kita sering kali dipaksa mengingat kembali hingga beratus-ratus chapter sebelumnya untuk memastikan apakah sesuatu telah dimunculkan oleh Pak Oda. Contohnya adalah keberadaan Arlong di Orange Village. Pada chapter 69 Yosaku mengatakan bahwa penempatan Arlong di East Blue adalah karena posisi Jinbei sebagai Sichibukai. Kemudian pada chapter 620 Jinbe memperjelas hal tersebut kepada Nami, Sanji, dan Luffy.

Bayangkan! Meski telah terpisah lebih dari lima ratus chapter, Pak Oda tetap konsisten dengan detail kecil dari percakapan Yosaku tersebut. Ini lah yang membuat pembaca One Piece menjadi semakin jeli terhadap cerita yang ditampilkan. Lalu, aku menyarankan kalian untuk membaca SBS Vol 49 halaman 66. Di sana ada seorang fans yang bertanya tentang bapak-bapak yang menjitak Shanks dan Buggy di komik volume 3. Siapa kah dia? Pak Oda menjawab bahwa itu adalah wakil kapten dari bajak laut Roger (Rayleigh). Pak Oda menambahkan bahwa kemunculan Ray telah dirancang sejak awal, jadi dia memastikan agar semua staf anime juga mengetahuinya. Lalu pada akhirnya di komik volume 51 Rayleigh dimunculkan.

Nakama, tidak banyak manga yang sekonsisten ini lho! Detail kecil yang telah tertinggal pada ratusan chapter di belakang, ternyata kembali dimunculkan Pak Oda pada cerita-cerita One Piece selanjutnya. Itu yang mendasariku untuk membuat ulasan kali ini. Aku hendak mengobservasi beberapa detail kecil yang membentuk sebuah benang merah, yang membuatku berkesimpulan bahwa, nakama baru kelompok Topi Jerami adalah Kinemon!

Prediksi: Nakama Baru Kelompok Topi Jerami adalah Kinemon!


Nakama, jika kalian sering mengamati pola-pola yang ada di One Piece, maka kalian akan menemukan kesimpulan bahwa, setiap kru lama Kelompok Topi Jerami (KTJ) meninggalkan kelompok demi mengurusi urusan pribadinya, maka akan ada kru baru yang muncul. Nami meninggalkan kelompok untuk menyelesaikan urusannya dengan Arlong, Sanji membantu pembebasan Nami dari Arlong, dan Sanji bergabung ke dalam kelompok. Robin meninggalkan KTJ dan berurusan dengan CP9, Franky membantu pembebasan Robin, kemudian Franky bergabung ke dalam kelompok. Saat ini, Sanji meninggalkan kelompok untuk mengurusi masalah keluarganya, maka cocok sekali kan polanya? Ini adalah waktunya untuk penambahan anggota baru. Selanjutnya akan ada seorang tokoh yang berjuang bersama KTJ untuk membantu menyelesaikan urusan Sanji ini.

Pertama-tama aku akan memaparkan beberapa klu yang menguatkan akan munculnya nakama baru, selain dari pola yang telah kusebutkan di atas.

Perkataan Luffy di chapter 1.


Aku mengajak kalian untuk mengingat kembali perkataan Luffy pada chapter 1 One Piece. Luffy mengatakan bahwa dia akan berlayar mengarungi dunia dengan membawa 10 orang teman.

Mengingat kekonsistenan pak Oda pada jalan cerita, maka saat ini masih tersisa 2 kursi kosong untuk nakama baru. Pada kesempatan kali ini aku akan menebak salah satu dari 2 orang anggota baru yang akan bergabung pada Kelompok Topi Jerami.

Wawancara Pak Oda bersama Jurnalis China Times 2014.


Pada sesi itu Pak Oda mengatakan bahwa belum semua anggota Topi Jerami yang bergabung ke dalam kelompok, akan ada nakama baru dalam waktu dekat, satu setelah yang lain. Ini mengisyaratkan akan ada dua anggota baru lagi bukan? Source : One Piece Podcast. Source ini kuperoleh dari seorang teman bernama Iman Gumelar.

Wawancara pada Comickers tahun 1998.


Pada sesi ini pak Oda mengatakan bahwa idealnya anggota Kelompok Topi Jerami adalah 10 orang. Source ini juga dari Iman.

Selanjutnya aku akan memaparkan beberapa tahap pemikiran untuk menunjukkan bahwa Kinemon adalah salah satu nakama baru Kelompok Topi Jerami.

SBS Volume 59


Ada seorang fans yang bertanya pada Pak Oda soal kemungkinan Kuma untuk menjadi anggota baru. Tebakan fans tersebut berdasarkan pada kecocokan kode angka buah iblis yang dimiliki Kuma.
Di kelompok Topi Jerami telah ada 4 orang pengguna buah iblis dan kesemuanya mengandung unsur angka pada nama buah iblisnya, yaitu :
  • Luffy -> Gomu-gomu No Mi. Go(5) Mu(6)
  • Chopper -> Hito-hito No Mi. Hi(1) To(10)
  • Robin -> Hana-Hana No Mi. Ha(8) Na(7)
  • Brook -> Yomi-yomi No Mi. Yo(4) Mi(3)
1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, kurang angka 2 dan 9 agar genap menjadi urutan 1-10.
Pak Oda sangat terkejut dengan pertanyaan fans dengan pen name: Shankus Love tersebut, dan memilih untuk tidak memberikan tanggapan. Lihat, aneh sekali bukan? Biasanya kalau ada yang bertanya, kemudian salah, Pak Oda memberi jawaban yang lebih benar. Ini seperti Pak Oda menyembunyikan sesuatu.

Kombinasi angka 2 dan 9


Beberapa minggu yang lalu (apa udah sebulanan ya?), aku berdiskusi dengan beberapa teman yang cukup tau kosakata Jepang (dibandingkan aku), Akhsa dan Maulana. Kami mencari tau bahasa Jepang angka 2 dan 9, lalu menebak-nebak kemungkinan kombinasi dari angka 2 dan 9 tersebut. Menurutku, kru Topi Jerami selanjutnya akan ada seorang pengguna buah iblis yang berkodekan 2 dan 9. Di ujung diskusi didapat :
  • 2=Ni, Fu
  • 9=Kyu, Ku, Ko
Setelah dikombinasikan, maka ada 3 kemungkinan terbesar untuk nama buah iblis, yaitu “Nikyu”, “Niku”, dan “Fuku”.

Pengerucutan ke buah iblis Fuku-Fuku No Mi.


Sebelumnya, dari 3 kemungkinan nama buah iblis yang dimiliki oleh anggota baru KTJ, aku berpendapat bahwa ada 2 kemungkinan terbesar untuk mengisi kursi kosong di KTJ, yaitu Niku-Niku No Mi dan Fuku-Fuku No Mi.

Niku berarti daging, Fuku berarti baju/pakaian.

Aku bahkan sampai menyambungkannya dengan perkataan Usopp pada chapter 458, bahwa akan muncul Pendekar Cantik membawakan Daging. Ada yang menyanggah bahwa itu adalah Rebecca, tapi menurutku Rebecca belum sah disebut demikian, karena Rebecca hanya Pendekar Cantik membawakan Bento, dimana Bento itu sendiri bukanlah daging seutuhnya. Keyakinanku menjadi goyah setelah membaca ulang chapter 484. Ternyata Nikyu itu sendiri kurang lebih berarti Bola Daging, dipakai untuk menyebut telapak kaki hewan seperti kucing, dll.

Jadi artinya, Nikyu itu sendiri ya sama dengan Niku. Karena Saat ini Kuma masih hidup, jadi tidak mungkin ada tokoh lain yang menggunakan kekuatan Nikyu-Nikyu, artinya pemilik buah iblis ini sangat-sangat kecil kemungkinannya untuk bergabung dengan Kelompok Topi Jerami. Oleh karena itu, aku mengerucutkan dugaanku kepada pemilik Fuku-Fuku No Mi.

Kinemon si pemakan Buah Iblis Fuku-Fuku No Mi


Kinemon adalah seorang Devil Fruit User (DFU). Itu tidak diragukan lagi. Yang masih menjadi misteri adalah, apa nama buah iblis yang dimakan Kinemon ini? Pada chapter 663 Kinemon mengatakan bahwa dia telah memakan buah yang langka, dan setelah memakan buah tersebut dia punya kemampuan sihir. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan sesuatu seperti batu atau daun ke kepala seseorang, kemudian dengan mantera “Doron!” orang tersebut akan mengenakan pakaian seperti yang diimajinasikan oleh Kinemon.

Huh! Ini pola kerja Buah iblis banget! Kesimpulan ini semakin kuat setelah melihat penjelasan Kinemon pada chapter 669 bahwa sejak memiliki kemampuan sihir itu, Kinemon tak bisa lagi berenang. Dari berbagai kesempatan kita menyaksikan bahwa kemampuan buah iblis kinemon ini adalah menciptakan dan memanipulasi pakaian seseorang, maka dapat disimpulkan bahwa buah iblis yang dimakan oleh Kinemon adalah Fuku-Fuku No Mi.

Janji seorang Kesatria.


Pada Chapter 672 Kinemon bersujud kepada Sanji karena berkat Sanji yang nekat masuk ke danau untuk mengambil potongan tubuh Kinemon, Kinemon bisa utuh kembali. “Aku tak akan melupakan utang budi ini seumur hidup!”

Man! Jika seorang Samurai berjanji atau berhutang budi, maka ia akan mati-matian membayar kedua hal tersebut. Saat mengetahui Sanji berada dalam masalah, aku sangat yakin kalau nantinya Kinemon akan membantu Kelompok Topi Jerami untuk menyelesaikan masalah ini.

Klu Yang Lengkap Sudah.


Setelah melihat penjelasan-penjelasanku di atas, maka lengkaplah sudah klu bahwa Kinemon akan menjadi Nakama baru KTJ. Pun kalau ingin mencocok-cocokkan dengan kriteria lainnya sebagai anggota KTJ, Kinemon memiliki banyak kriteria tersebut, diantaranya :
  • Lucu. Bagaimanapun sisi badasnya Kinemon sebagai seorang Samurai, dia juga memiliki sifat lucu yang kerap kali mengguncang perut. Kelucuannya lebih kepada pikiran mesumnya sih.
  • Baik. Sejauh ini, Kinemon adalah sosok yang baik dan tidak segan-segan untuk membantu orang lain. Hal ini terlihat dari ikut sertanya Kinemon membantu menumbangkan Hegemoni Doflamingo di Dressrosa.
  • Jika Kinemon bergabung ke dalam Kelompok Topi Jerami, maka akan melengkapi tokoh dengan aliran pedang di Sunny Go. Brook aliran 1 pedang, Kinemon aliran 2 Pedang, dan Zoro aliran 3 pedang.
  • Pelengkap Trio Mesum: Sanji, Kinemon, Brook
Lalu akan timbul pertanyaan, jika nanti Kinemon bergabung dalam Kelompok Topi Jerami, bagaimana dengan nasib Momo yang merupakan anak dari Kinemon? Ini akan kujelaskan pada postingan #AST selanjutnya. Ini akan menjadi pembahasan yang panjang, karena aku akan memaparkan hubungan Zou dan Wa No Kuni, kisruh di Wa No Kuni dan hubungannya dengan Kaido, dll.

Salam hangat penuh keringat.

Nakama Baru Kelompok Topi Jerami by Sanji

Admin ONE PIECE INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>