Minggu, 24 April 2016

REVIEW ONE PIECE CHAPTER 805 - Ras Mink

Mulai bermunculan. Para pemeran penting di sebuah cerita akan diperkenalkan satu-persatu di bagian awal. Bagian penting untuk membangun sebuah cerita, sebuah prolog. Disini kita disuguhkan akan sebuah kemungkinan, akan adanya petualangan besar yang menanti. Mulai tercium aroma masalah yang membuat rasa penasaran kita terusik. Sebuah prolog yang baru saja dimulai dan jauh dari kata selesai. Masih banyak yang harus diinisiasi sebelum kita bergerak lebih jauh lagi. Tapi tak dapat dipungkiri, chapter kali ini membuat kita semua memikirkan apa yang sebenarnya terjadi, sekaligus membangkitkan jiwa berpetualang dalam diri. Mari kita mulai saja review chapter kali ini

Reaksi yang Dinanti


Akhirnya! Setelah sekian lama menunggu, kita kembali disuguhi cerita sampul khas One Piece. Cerita sampingan yang kadang sangat menarik untuk diikuti. Tidak jarang juga cerita sampul ini nantinya akan kembali bertemu dengan plot utama cerita dan menjadi satu bagian yang penting.

Terakhir kali kita melihat cerita sampul adalah di chapter 785, sudah 20 chapter lalu. Cerita berjudul “Perjalanan solo Jinbe sang kesatria lautan” yang menggambarkan tentang perjalanan Jinbe di lautan dan membantu menyelesaikan masalah seekor kucing laut yang tersesat.
Untuk cerita sampul kali ini berjudul

“Dari geladak kapal dunia: Cerita manusia 500 juta”

Volume 1: Perjalanan sampai ke ujung samudera bersama News Coo

Di volume pertama ini, kita bisa melihat para pembawa berita yang akan menyebarkan kabar manusia setengah miliar ini terbang ke penjuru dunia. Surume terlihat di belakang sedang melakukan hal yang biasa ia lakukan, menghancurkan kapal.

Walaupun aku berharap akan melihat reaksi semua orang yang pernah berinteraksi dengan Kelompok Topi Jerami, tapi sepertinya kali ini Oda akan fokus meggambar orang-orang yang berkaitan dengan Luffy saja. Padahal aku mengharapkan dapat melihat reaksi orang-orang di Desa Syrup mengetahui pria pembohong dari desa mereka sekarang mempunyai nilai buruan 200 juta dan dijuluki “Dewa”.
Tapi aku bisa saja salah, bisa saja itu cuma judul dan Oda tetap menunjukkan reaksi semua orang tak hanya yang berhubungan dengan Luffy saja.

Tentunya Oda menyiapkan kejutan di cerita sampul kali ini, tapi sepertinya tak akan kita lihat dalam waktu dekat.

Untuk Volume 2 chapter depan, aku mengharapkan diantara orang-orang desa Fuusha, Garp, Shanks, atau Dragon yang akan muncul. Kita tunggu saja dengan tenang.

Kemampuan Hewan


Gawat! Penyusup yang sudah sampai di Hutan Paus pasti akan membuat marah para “Guardians”. Carrot yang khawatir langsung berjongkok mengambil ancang-ancang untuk melompat. Ternyata ia bisa melompat sampai sangat tinggi! Lompatan super! Franky berkomentar jadi ini kekuatan fisik dari Ras Mink. Tapi apakah semua orang dari Ras Minks dapat melakukan lompatan super seperti itu?

Menurutku jawabannya adalah tidak.

Sepertinya ras Mink mempunyai kelebihan tertentu yang didapat dari bagian hewan mereka. Kasus Carrot, dia adalah Mink kelinci. Kalian tahu apa kelebihan dari kelinci? Melompat! Kelinci mempunyai kaki belakang kuat yang digunakan untuk berlari dengan cara melompat. Kalian tahu apa yang kumaksud jika pernah melihat seekor kelinci berlari. Dengan struktur tubuh dan pikiran layaknya manusia, kemampuan seperti itu bisa dilatih sehingga menghasilkan sebuah lompatan yang super dahsyat. Apalagi kita tahu Carrot adalah mink petarung, tentu dia akan terus melatih tubuhnya sampai batas maksimal bukan?

Masih kita nantikan, apa si wanita-anjing juga mempunya atribut dari anjing. Misalnya penciuman super sehingga dia tahu bahwa penyusup sudah sampai di Hutan Paus. Atau mink lainnya dengan atribut tertentu. Tapi aku merasa, kemampuan ras mink yang di dapat dari bagian hewan mereka akan membuat mink tersebut unik dan berbeda dari mink lain. Sebuah hal yang sangat mungkin terjadi.

Kesadaran yang Menghilang


Usopp yang masih penasaran tentang pakaian Nami dipakai oleh wanita-anjing terus menanyakan hal tersebut. Si wanita mengatakan mereka tak punya waktu untuk berbicara dengan Usopp dkk sekarang, mereka harus menghentikan penyusup yang sudah sampai di Hutan Paus.

“Dengarkan kata-kataku ini dengan baik! Dari sini kalian harus pergi ke arah kanan menuju hutan pantat kanan. Belok kiri di rawa gelap dalam, kemudian lurus sampai di hutan perut kanan. Disana kalian akan menemukan mayat teman-teman kalian.”

Tunggu sebentar, mayat?! Apa yang sebenarnya terjadi pada Sanji dkk?! apa mereka benar-benar mati?

Tentu saja tidak.

Benar kata Zoro, disana ada si alis keriting. Dia tak cukup bodoh untuk membuat dirinya dan teman-temannya mati. Perkataan yang diamini oleh Franky dan Robin.

Aku rasa para Mink tidak terkecoh dengan Brook yang cuma tulang, karena si wanita-anjing mengatakannya dengan “jamak”. Artinya tak Cuma Brook, tapi semua kru Topi Jerami yang ada disana.

Tak masuk akal juga jika ada yang bilang Sanji cs pura-pura mati. Untuk apa mereka melakukan hal ini? Dan lagi para Mink mempunyai mempunyai atribut hewan, mereka pasti bisa tahu dengan mudah apakah mereka pura-pura mati atau tidak. Si wanita-anjing juga mengatakan, mau bagaimana lagi, yang sudah terjadi ya terjadilah. Artinya dia tahu apa yang terjadi pada Sanji cs hingga mereka masuk ke dalam keadaan seperti sekarang ini.

Kemungkinan lain, ini ulah Raizo. Dia menggunakan jurus ninja yang sangat hebat yang bisa membuat tubuh tiruan Sanji cs yang kemudian dikira mereka sudah mati oleh para Mink. Tapi aku meragukannya. Tentu saja dengan pertanyaan, untuk apa?

Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada mereka?

Apakah kalian merasa aneh saat melihat sebuah negara kosong yang baru saja dihancurkan tapi tak ada mayat yang terlihat satupun? Apakah mungkin mink yang masih hidup sudah menguburkan mereka semua? Aku rasa inilah jawaban atas apa yang terjadi pada Sanji cs. Oda tidak menunjukkan mayat-mayat itu karena sebenarnya mereka belum mati! Si wanita-anjing saat menjelaskan kehancuran negara ini di akhir chapter juga tak mengatakan bahwa teman-teman mereka sudah mati.

Lalu apa yang terjadi?

Jawabannya adalah buah setan. Sepertinya ada pengguna buah setan yang mampu mengambil kesadaran mereka, entah nyawa mereka atau apa, yang menjadikan mereka tak sadarkan diri. Tubuh penduduk negara ini yang tak sadarkan diri mereka kumpulkan di Hutan Paus, itulah yang menjadikan para “Guardian” menjaga tempat itu.

Lalu apa tujuan pengguna buah setan itu mengambil kesadaran mereka? Pasti ada suatu tujuan. Yang terpikirkan, mungkin suatu hal yang dia ambil dari para mink dan Sanji cs berguna baginya. Entah digunakan untuk apa, mungkin dalam pembuatan buah setan buatan atau apa. Masih terlalu jauh untuk menebak hal ini.

Jadi aku yakin selanjutnya Luffy cs akan mencari si pengguna buah setan guna mengembalikan kesadaran anggotanya dan juga para mink tentunya.

Mencoba Memahamimu


Ternyata Law tidak punya cara untuk menghubungi para kru-nya. Dia tidak berharap dapat bertemu mereka kembali. Artinya, Law memang benar-benar habis-habisan untuk mewujudkan mimpinya dan meneruskan mimpi penyelamatnya untuk menghentikan Doflamingo. Hanya itu. Hal lain yang terjadi karena hal itu adalah bonus. Setelah sekarang melihat impiannya tercapai, apa yang akan selanjutnya terjadi pada Law? Mimpi apa yang akan dia kejar selanjutnya? Membuat orang yang mengalahkan Doflamingo untuknya mewujudkan mimpinya? Artinya, membantu mewujudkan mimpi Luffy? Bukan hal yang tidak mungkin. Aku merasa kita akan tetap bersama Law sampai kejatuhan Kaido di tangan Luffy.

Akhirnya ada 2 hal yang dikonfirmasi. Bepo adalah navigator Kelompok Bajak Laut Hati, dan juga dia adalah seorang (seekor?) dari ras Mink.

Sudah banyak yang menduga bahwa Bepo adalah navigator kelompok Hati sejak Law menunjukkan peta pulau Dressrosa dan Greenbit buatan Bepo di chapter 701. Kemampuan kartografi yang kata Nami sangat jauh dibawah kemampuannya XD Oda akhirnya mengkonfirmasi bahwa Bepo adalah navigator kelompok Law di SBS volume 71. Bagi yang tidak membaca SBS, tentunya perkataan Law di chapter ini jadi sebuah konfirmasi tentang hal ini.

Konfirmasi Bepo adalah ras mink juga mengakhiri perdebatan panjang yang dimulai saat pertama kali dia muncul sampai chapter lalu. “Jika ia mink, mengapa ia keluar dan menjadi bajak laut?” dll. Ternyata Bepo sudah pergi dari Zou sejak kecil hingga ia tak ingat apa-apa tentang kampung halamannya. Tapi mengapa ia pergi saat masih kecil?

Kemungkinannya adalah dia ditangkap kemudian dijual sebagai budak. Kalian ingat di daftar harga rumah lelang yang Duval berikan pada Sanji terdapat ras minkmen disana. Mungkin 10 tahun lalu, Law bertemu dengan Bepo yang merupakan budak dan membebaskannya seperti saat Law membebaskan Jean Bart di Kepulauan Sabaody. Karena inilah Bepo terlihat sangat loyal terhadap kaptennya.

Zoro cs akhirnya menggunakan vivre card Bepo untuk menemui kru Law, dan tidak mengikuti arahan dari mink-anjing itu.

Aku tak akan berkomentar apa-apa tentang reaksi Robin di chapter ini. Aku benar-benar tidak mengerti apa yang ada di dalam kepala Robin.

Memahami wanita memang sebuah hal yang sangat sulit.

Kejutan yang Tak Mengejutkan


Aku yakin tak ada yang menduga hal ini, ternyata si penyusup yang berada di Hutan Paus adalah Luffy! XD

Karena Luffy memasuki area terlarang, ia dihentikan oleh para “guardians”. Seorang mink gorilla dan seorang mink banteng. Bepo mencoba memberi tahu bahwa Luffy adalah “teman”, tapi para guardian tak peduli dan tetap menyerang Luffy. Guardian gorilla tak habis pikir, kenapa “electro” tak mempan terhadap si penyusup ini?

Well, tentu saja karena Luffy adalah karet ia tak terpengaruh oleh listrik XD tenang saja guardian, kalian bukan orang pertama yang tak mengerti akan hal ini. *uhuk* Enel *uhuk*

Dari perkataan si gorilla, dan hal ini digunakan juga oleh Carrot, sepertinya “electro” ini adalah sebuah jurus khusus yang dikuasai oleh para mink. Jadi apa sebenarnya “electro” ini?
Walaupun aku berharap hal ini berasal dari suatu alat khusus seperti dials di pulau langit, tapi sepertinya bukan hal seperti itu yang terjadi.

Teoriku electro adalah listrik statis yang dihasilkan tubuh para mink ini. Tubuh ras mink di penuhi oleh bulu, hal yang akan mudah menghasilkan listrik statis. Kalian tentu sudah pernah praktek di sekolah menggunakan penggaris plastik yang di gosok-gosokkan ke rambut mampu menarik potongan kertas-kertas kecil bukan? Itu contoh sederhana dari listrik statis. Sekarang bayangkan hal tersebut dipraktekkan oleh badan yang dipenuhi oleh bulu-bulu halus. Tentu listrik statis yang dihasilkan juga besar. Sarung tangan cakar milik Carrot hanyalah sebuah alat untuk membuat listrik statis itu berkumpul di suatu tempat hingga kemudian bisa digunakan untuk menyerang lawan.

Aku tak bisa melihat Oda akan melewatkan hal ini dan membuat electro dari hal lain. Sungguh.

Negara Chopper


Ternyata insting hewani dari ras mink masih besar seperti hewan biasa. Ini terlihat dari dua guardian, mink banteng dan gorilla. Mink banteng dengan mudah teralihkan konsentrasinya dengan sebuah kain bergerak (yang mungkin berwarna merah), sedang mink gorilla dengan mudah teralihkan dengan pisang.

Akhirnya mereka diperkenalkan kepada kita,

Mink kelinci yang sudah kita tahu namanya adalah Carrot

Mink anjing wanita yang bersama Carrot bernama Wanda. (wan dalam WAN-da adalah suara yang dihasilkan oleh anjing dalam bahasa Jepang. Kalau dalam bhs Indonesia – guk guk)

Mink gorilla salah satu guardian bernama BB (Black Back).

Mink banteng salah satu guardian bernama Roddy. Dia sepertinya punya kebiasaan mengatakan “-moo” saat berbicara

Dan satu lagi Mink bernama Pedro yang kemungkinan pemimpin dari para guardian, penampilannya mirip singa atau semacamnya.

Luffy berkomentar, negara ini penuh dengan orang-orang aneh. Seperti negara yang penuh dengan Chopper XD

Apa dia akan mengajak seseorang disini?

Dari yang terlihat, struktur tubuh mink laki-laki lebih menyerupai hewannya, sedang struktur tubuh wanita lebih menyerupai manusia.

Wanda mengatakan pada para guardian untuk menyudahi masalah ini. Wanda kemudian menjilat muka Luffy. Entah ini semacam tanda diterima disini, atau hanya kebiasaan hewan anjing yang dimiliki oleh Wanda.

Melihat hal ini Pedro menyuruh semuanya termasuk BB dan Roddy mundur dan meninggalkan mereka, diikuti oleh banyak sekali pasukan yang langsung mundur.

Luffy tidak sadar jadi selama ini dia telah dikepung. Apakah Luffy tidak menggunakan Haki observasi? Ataukah para mink punya kemampuan untuk menyembunyikan hawa keberadaan mereka?
Aku lebih memilih opsi yang kedua. Dari komentar Luffy yang terlihat kaget, berarti ia benar-benar tidak tahu. Banyak hewan yang bisa menyembunyikan keberadaan dan hawa tubuhnya kan? Misal untuk berburu dll.

Aku berpikir, kemampuan ini bersama dengan “electro” adalah kemampuan seni bela diri khusus yang dikuasai oleh ras mink. Seperti Fishmen karate untuk manusia ikan atau Merman Combat untuk duyung, tapi seni bela diri ini khusus Mink. Mungkin namanya Mink Tae kwon Do atau Mink Silat (bercanda XD).

Perkataan Wanda yang mengatakan Luffy harus bersyukur tak ada bulan saat ini membuatku bertanya-tanya. Apa ada hubungan tertentu antara bulan dan mink?

Kru Hewan Kutub


Akhirnya Bepo cs bisa berbicara dengan Luffy.

“Topi Jerami, jangan bilang kau sudah lupa dengan kami. Kami menyelamatkanmu di perang Marineford!”

“Oh kamu beruang yang bisa bicara dari kru Tora-o!”

“Tora-o?! kamu salah, kami adalah anak buah Trafalgar Law! Bajak Laut Hati!”

“Ya, itukan yang aku katakan tadi”

“Bukan!”

Ternyata Bepo tak mengerti saat Luffy memanggil Law dengan sebutan Tora-o. yah, Luffy emang seenak jidat sendiri kalau memberikan panggilan pada orang lain XD

Tora-o, Kemurin, Cabbage, Hammock, paman belah ketupat, dll XD

Penguin dan Shachi juga terlihat. Penguin masih dengan Topi bertuliskan Penguin, tapi setelah 2 tahun sekarang ada seperti boneka penguin diatas topinya. Shachi juga mendapatkan topi yang sesuai dengan namanya. Shachi sendiri dalam bahasa Jepang berarti paus pembunuh, atau kita kenal dengan nama orca. Paus yang mirip dengan topi Shachi.

Mereka ternyata mengikuti perkembangan dari surat kabar dan tahu bahwa mereka sekarang sudah beraliansi. Dan sangat bahagia saat mengetahui bahwa sang kapten juga berada di Zou bersama dengan Luffy.

Kita belum melihat sisa kru Bajak Laut Hati yang lain dan juga dimana mereka menambatkan kapal selam mereka.

Makhluk Terkuat dan Komplotannya


Kembali ke Zoro cs yang sudah sampai di reruntuhan kota yang sudah tak ada penghuninya. Sang arkeolog kita menganalisis bahwa masih tersisa jejak-jejak peradaban yang masih baru, kehancuran negeri ini baru terjadi satu atau dua minggu yang lalu!

Disana juga ditemukan alat-alat penyiksaan, bekas kehancuran yang menyerupai bekas cakar raksasa, dan juga jejak gajah raksasa. Apakah para monster yang menginvasi tempat tinggal para mink ini? Law mengatakan, karena ada bekas cakar, ada kemungkinan ini akibat pertempuran para mink sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan dari Zoro cs sebenarnya sudah terjawab, tapi yang menjawab berada disisi lain kota. Wanda yang sedang bersama Luffy menjelaskan semuanya. Kota ini hancur kurang dari 2 minggu yang lalu. Orang yang menghancurkan negara ini dikenal dengan nama Jack.

Jack?

Ya, Jack yang sama yang kita lihat di chapter 801 saat ia akan menyerang rombongan kapal pengangkut Doflamingo ke Impel Down.

Kita analisis bersama apa yang terjadi, kira-kira begini kronologisnya.

Antara 8-13 hari yang lalu – Jack menghancurkan Mokomo Dukedom

9 hari lalu (chapter 700-795) – Luffy mengalahkan Doflamingo + Fujitora melempar dadu pertama kali (malam hari)

8 hari lalu (chapter 795) – Sanji cs tiba di Zou, kemunculan kaidou, Fujitora melempar dadu kedua kali (tak diperlihatkan)

7 hari lalu (chapter 796 – 802) – Sengoku dan Tsuru sampai di Dressrosa, Fujitora melempar dadu ketiga kalinya dan mulai mengejar Luffy + Law, Luffy pergi dari Dressrosa

Setelah Luffy meninggalkan Dressrosa – Angkatan Laut meninggalkan Dressrosa, Jack siap menyerang mereka

Hari ini – Luffy tiba di Zou

Di chapter ini kita bisa melihat para guardian, Bepo, dkk semuanya memiliki banyak luka dan diperban disemua bagian tubuh. Aku rasa ini adalah hasil pertarungan mereka dengan Jack.

Apa Jack sendirian menyerang negara ini? Tentu saja tidak.

Kita sempat melihat Jack memiliki kapal sendiri beserta kru-nya. Mereka pastinya ikut dalam penyerangan ini.

Saat Sanji tiba di Zou, mereka juga bertemu dengan anak buah Kaido yang lain. Sheepshead dan kawanannya. Ini menunjukkan, ada banyak pasukan Kaido disana. Memungkinkan sekali Sanji cs tiba disana saat penyerangan Jack ini terjadi.

Apakah yang terjadi dengan Sanji cs hingga “mati” ada hubungannya dengan Jack?

Sangat mungkin. Atau paling tidak, anggotanya atau anak buah Kaido yang lain yang sedang berada di Zou.

Sheepshead dan kawanannya mencari samurai, dan mengatakan akan bilang pada atasannya bahwa mereka tak menemukan sang samurai.

Atasan yang mereka maksud ini aku rasa bukan Jack, tapi petinggi lain di bajak laut Kaido yang kemudian dibantu oleh Jack dalam penaklukan Mokomo dukedom.

Karena Jack sudah tak berada di Zou, aku pikir si atasan Sheepshead inilah yang akan jadi antagonis utama di arc Zou. Dan dia yang bertanggung jawab atas “kematian” Sanji cs dan juga ratusan ribu warga Mokomo Dukedom.

Untuk kekuatan Jack, sepertinya kita digiring oleh Oda untuk percaya bahwa jejak kaki gajah dan cakar berasal dari orang yang sama. Tapi menurutku mereka berasal dari orang yang berbeda.

Aku sendiri sedikit mendukung akan teori yang menyebutkan bahwa kekuatan Jack adalah Buah Setan Ancient Zoan Gajah tipe Mammoth. sebuah gajah purbakala ekstra besar dengan kekuatan mencengangkan tentunya. Teori ini didukung dengan bagian depan kapal Jack yang berbentuk gajah, walaupun sampai saat ini kita belum menemukan orang dengan kekuatan yang sama dengan hewan yang berada di bagian depan kapal mereka.

Sedang untuk cakar, karena belum ada clue sama sekali, ini menjadi tebakan bebas. Kalau boleh memilih aku akan memilih Buah Setan Zoan mistis harimau tipe Byakko. Seekor macan putih legenda dari kawasan Asia Timur salah satu penjaga dari 4 mata angin. Zoan mistis selalu dibarengi dengan kemampuan unik, untuk byakko mungkin adalah pengendalian metal karena itu adalah elemen yang diceritakan menjadi simbolnya.

Ditambah X Drake yang kekuatannya Ancient Zoan dinosaurus, dan juga Kaido yang ada teori mengatakan dia adalah pengguna buah iblis Zoan mistis naga, akan membuatku merinding saat melihat kru Kaido berjajar untuk pertama kalinya dengan mode Zoan mereka. XD

Aku curiga, ke depannya kita akan mendapatkan pertarungan antara anak buah Kaido pasukan Smile buah setan Zoan buatan melawan manusia setengah hewan dari ras mink. That would be really awesome, isn’t it??!!

BATTLE OF THE BEAST

Sekian review kali ini, selamat berakhir pekan dan jangan lupa jaga kesehatan.

Salam pangeran alis keriting (yang udah mati T.T)!!

REVIEW ONE PIECE CHAPTER 805 – Ras Mink by Oikgerd


Sumber: http://onepieceindonesia.com/review/oikgerd/review-one-piece-chapter-805-ras-mink/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

>